Di Tengah Pandemi Covid-19, Yoyok Sukawi Ajak Masyarakat Terapkan 4 Pilar

Yoyok Sukawi pada saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula KPRI Hikmah, Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Rabu (10/3/2021).

 

HALO KENDAL – Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, AS Sukawijaya atau yang kerap disapa Yoyok Sukawi mengajak masyarakat di daerah pemilihannya untuk menjunjung dan menerapkan empat pilar kebangsaan di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Empat pilar kebangsaan yang dimaksut Yoyok Sukawi adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Hal ini disampaikan Yoyok Sukawi pada saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula KPRI Hikmah, Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Rabu (10/3/2021).

- Advertisement -

Menurut Yoyok Sukawi, pandemi Covid-19 sebetulnya merupakan sebuah ujian bagi bangsa dan negara yang harus dihadapi dengan kebersamaan.

“Di tengah situasi seperti ini, empat pilar ini penting diterapkan. Kalau sudah banyak perbedaaan pendapat dan tidak ada yang mau mengalah, serta merasa paling paham, itu pasti jadi boomerang untuk kehidupan bernegara,” tutur Yoyok Sukawi.

Politikus Partai Demokrat ini juga mencontohkan hal lain seperti pelaksanaan program vaksinasi.

Program vaksinasi yang diharapkan menjadi gerbang untuk hidup kembali normal, menurut Yoyok Sukawi tidak boleh dikuasai oleh suatu kalangan atau golongan saja.

“Seperti sekarang sedang gencar program vaksinasi. Nah sila terkait keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia harus dijunjung. Dahulukan masyarakat yang rentan dan pekerjannya kerap bertemu orang banyak,” beber Yoyok Sukawi.

“Kemudian kalau tidak ada yang berkenan, pemerintah juga harus menerapkan musyawarah. Kenapa gak mau dan apa solusinya, kalau itu sudah diterapkan pasti tidak ada konflik terkait vaksin,” lanjut Yoyok Sukawi.

Terakhir, Yoyok Sukawi mengajak masyarakat yang sudah berstatus sebagai orang tua untuk menerapkan dan mengajarkan empat pilar di lingkup terkecil, yakni rumah.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, pembelajaran lebih banyak dilaksanakan di rumah dengan model pembelajaran jarak jauh.

“Untuk Bapak Ibu yang sudah punya putra putri, ajarkan juga empat pilar di rumah. Di tengah pandemi Covid-19, orang tua punya peran lebih besar. Jangan sampai anak-anak kita sebagai pemimpin masa depan belum tahu apa itu empat pilar dan penerapannya secara sederhana seperti apa,” pungkas Yoyok Sukawi.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.