in

Di Solo, Menko PMK Jamin Stok Vaksin Aman

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau vaksinasi di Solo. (Foto: istimewa)

 

HALO SOLO – Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjamin stok vaksin aman sehingga upaya percepatan vaksinasi bisa dilakukan.

Ketersediaan vaksin memang menjadi kendala upaya percepatan vaksinasi. Ini menjadikan target herd community terhambat karena belum semua mendapatkan vaksinasi.

Namun pemerintah terus melakukan percepatan pemberian vaksin kepada masyarakat, tidak terkecuali pelajar dan para santri di pondok pesantren serta warga difabel. Menko PMK menuturkan pelaksanan vaksinasi untuk pendidikan menjadi tanggung jawab pemerintah di daerah.

“Untuk pendidikan (vaksin) menjadi tanggung jawab pemerintah di daerah baik itu provinsi, kabupaten atau kota,” kata Menko PMK saat meninjau vaksinasi di Rumah Sakit Islam Kustati, Solo, Kamis (2/9/2021).

Pemerintah berharap segera mencapai kekebalan komunal dalam masyarakat. Pemerintah juga menjamin stok vaksin aman dan terpenuhi. Bahkan Muhadjir tegas melarang adanya penimbunan vaksin. Menurut dia begitu vaksin datang langsung dibagikan ke daerah dan disuntikkan pada masyarakat.

“Insyaallah stok aman. Vaksin dari luar negeri terus mengalir. Selain beli, ada donor dari bilateral dan multilateral,” ujar Muhadjir melanjutkan.

Menko PMK menyatakan saat ini kasus Covid-19 sudah menurun. Namun dia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi selama lebih dari 1,5 tahun di masa pandemi, penggunaan masker sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Muhadjir juga memberikan apresiasi penanganan vaksinasi di wilayah Aglomerasi Solo Raya, termasuk kota Solo yang memiliki capaian vaksinasi cukup tinggi.

“Solo merupakan wilayah aglomerasi Solo Raya. Jadi pergerakan orang itu memusat. Ini yang menjadikan pemerintah gencar melakukan vaksinasi di enam wilayah Soloraya,” ucap Muhadjir.(HS)

Share This

Coutinho Selamat, Griezman yang Terbuang

Himbara Komitmen Jadi Mitra Strategis Pemerintah Guna Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional