Di Sela Sosialisasi, Cawabup Ani Sempatkan Ziarah Makam Tokoh Agama di Kendal

*Pilkada Kendal

Calon Wakil Bupati Kendal, Yekti Handayani saat ziarah ke makam Kiai Abdul Wachid dan Kiai Condro Lukito di Desa Kerikil, Kecamatan Pageruyung, Jumat (30/10/2020).

 

HALO KENDAL – Calon Wakil Bupati Kendal, Yekti Handayani melaksanakan kegiatan ziarah ke beberapa makam tokoh agama Kendal, di antaranya mengunjungi makam Kiai Abdul Wachid dan Kiai Condro Lukito di Desa Kerikil, Kecamatan Pageruyung, Jumat (30/10/2020).

Perempuan yang akrab disapa Ani tersebut menuturkan, bahwa ziarah kubur mempunyai makna yang sangat bagus dalam menguatkan ruhaniah umat Islam.

“Ziarah kubur bukan sebatas datang di area pemakaman, tetapi wujud mengingat kematian dan masa depan akhirat yang akan dilalui manusia. Dengan ziarah kubur, manusia akan mempersiapkan diri lebih baik dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Ani, dengan ziarah kubur ke makam orang tua dan ulama pendahulu, akan membuat manusia bisa menyiapkan diri menuju akhirat.

“Selain dengan bersosialisasi, kami juga melakoni ikhtiar batin, salah satunya dengan terus berdoa hingga berziarah ke makam agamawan di Kendal,” kata Ani yang berpasangan dengan Cabup Ali Nurudin di Pilkada Kendal.

Dirinya berharap, tradisi ziarah ini bisa diteruskan oleh mayarakat, terutama generasi muda di Kendal. Menurutnya, dengan berziarah ke makam para ulama, bisa ikut melestarikan situs sejarah penyebaran agama Islam, khususnya di Kabupaten Kendal.

“Tradisi berziarah kubur tetaplah perlu dilestarikan karena tidak bertentangan dengan syari’ah Islam. Bahkan, malah dapat mengingatkan kita akan kehidupan di akhirat nanti,” imbuh Ani.

Sementara itu, pengelola makam, Miftahul Huda mengungkapkan, baik Kiai Condro Lukito maupun Kiai Abdul Wachid adalah santri dari Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah atau Sayyid Al-Kamil, salah seorang dari Walisongo.

“Makam Kiai Condro Lukito dan Kiai Abdul Wachid ramai dikunjungi peziarah saat malam Jumat Kliwon atau Jumat malam Sabtu. Para peziarah datang dari berbagai daerah di Indobesia,” ungkapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.