in

Di Hari Kelahiran Pancasila, Penyandang Disabilitas Semarang Adakan Upacara Bendera

Komunitas Sahabat Difabel dan Roemah Difabel dengan mengadakan upacara bendera di pelataran Taman Sobokartti, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Selasa (1/6/2021).

 

HALO SEMARANG – Semarak Hari Lahir Pancasila turut dimeriahkan oleh Komunitas Sahabat Difabel dan Roemah Difabel dengan mengadakan upacara bendera di pelataran Taman Sobokartti, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Selasa (1/6/2021).

Ketua Yayasan Roemah Difabel, Didik Sugiyanto mengungkapkan, setiap hari nasional selalu dilakukan upacara bendera. Para peserta telah berlatih selama dua hari untuk mempersiapkan upacara peringatan di hari nasional ini. Acara dimulai sejak pukul 08.30 WIB yang diikuti oleh 18 orang penyandang disabilitas.

“Kami mengajarkan kepada para anggota untuk ikut upacara bendera. Sehingga mereka ikut merasa memiliki negara Indonesia ini,” ungkap Didik di Taman Sobokartti, Selasa (1/6/2021).

Adapun setelah upacara bendera, digelar juga perlombaan seperti menghafal sila Pancasila dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Meskipun memiliki keterbatasan, namun dengan fasih mereka mengucapkan butir-butir Pancasila.

“Karena sebagian besar yang ikut disabilitas mental dan intelektual, maka kita kenalkan mereka dengan Pancasila sebagai dasar negara,” imbuhnya.

Didik menjelaskan, dipilihnya Taman Sobokartti sebagai tempat penyelenggaraan karena memiliki area terbuka yang cukup luas. Sehingga, dalam pelaksanaannya dapat mendukung menjaga protokol kesehatan.

Pada momentum Hari Lahir Pancasila, Didik berharap para penyandang disabilitas dapat menjadi bagian yang utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami ingin hak kami dapat diakomodir oleh masyarakat, dan negara, dengan begitu kami bisa berpartisipasi dalam proses pembangunan,” tutupnya.(HS)

Share This

Mencari Soekarno Muda, Ganjar Buat Lomba Pidato Ala Bung Karno

Yoyok Sukawi: Ada Pakde Bas, Demokrat Kendal Diharapkan Bisa Jadi Besar