in

Dewan Usulkan Pemberhentian dan Penetapan Hendi-Ita Sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2021-2024

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang terpilih Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri sidang paripurna DPRD Kota Semarang, Jumat (22/1/2021).

 

HALO SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mengadakan sidang Paripurna Pengumuman Akhir Masa Jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang periode 2016-2021, Jumat (22/1/2021).

Sidang ini dilaksanakan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita G Rahayu sebagai pemenang Pilwalkot 2020, Kamis (21/1/2021).

Selanjutnya, DPRD Kota Semarang sekaligus mengusulkan, pengesahan pemberhentian hingga mengumumkan penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih periode 2021-2024. Sidang yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman, berjalan lancar.

“Hari ini adalah prosesi pengumuman, pemberhentian, dan pengusulan, setelah penetapan oleh KPU, sehingga DPRD punya waktu 5 hari untuk bisa mengumumkan dan mengusulkan. Dan kalau dalam 5 hari itu DPRD tidak mengumumkan, KPU bisa langsung ke Kemendagri melalui Gubernur,” terang Kadarlusman, usai memimpin sidang paripurna, Jumat (22/1/2021).

Pilus, sapaan akrabnya menambahkan, nantinya setelah pengumuman penetapan pasangan calon terpilih, tinggal menunggu pelantikan yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 17 Februari 2021 mendatang.

Namun untuk tempat dan konsep pelantikannya seperti apa, akan menunggu keputusan dari pemerintah provinsi.

“Dari pengumuman dan pengusulan hari ini, maka besok Senin akan kami kirim ke Kemendagri melalui gubernur, supaya segera ditetapkan pelantikan,” terangnya.

Sedangkan terkait pembangunan yang sempat tertunda di tahun 2020 karena anggaran tergeser untuk penanganan pandemi Covid-19, diharapkan bisa segera direalisasikan di tahun 2021.

Karena pemerintah Kota Semarang sudah menyiapkan anggaran tersendiri untuk penanganan Covid-19, mengingat masa pandemi masih belum berakhir.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengaku lega dan bersyukur semua proses pemilu berjalan lancar hingga acara penetapan. Dirinya bersama wakil wali kota terpilih Mbak Ita, tinggal menunggu pelantikan dan siap melaksanakan program-program kerja yang telah disusun untuk menjadikan Kota Semarang semakin hebat.

“Kami sangat berterima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan dan kami merasa kepercayaan yang telah diberikan warga untuk kita berdua adalah amanah dan akan membuat kami semakin mantap untuk membangun Semarang agar lebih baik,” kata Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Hendi menambahkan, meski masih ada beberapa program kerja di masa jabatan sebelumnya yang belum terselesaikan, namun dirinya yakin jika periode mendatang akan lebih fokus menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di Semarang. Terutama terkait kesehatan yang berhubungan dengan pandemi Covid -19, pemulihan ekonomi, dan sosial budaya.

“Tahun 2020 adalah tahun finalisasi dari program Semarang Hebat, tapi kita tahu ada pandemi Covid-19 dan cukup banyak anggaran yang tidak bisa direalisasikan, baik pendapatan yang tidak tercapai maupun kebutuhan untuk penanganan covid yang cukup tinggi. Sekarang ini kami cukup optimistis untuk menghadapi tahun 2021, karena kita tahu pandemi ini belum selesai,” jelasnya.

Hendi juga menegaskan, nantinya tidak akan tebang pilih dalam memprioritaskan kebutuhan masyarakat Kota Semarang. Dirinya berharap semua sektor bisa berjalan berdampingan agar semua kepentingan masyarakat Semarang bisa terpenuhi dengan baik.(HS)

Share This

Gempa M7,0 di Kepulauan Talaud, Lima Rumah Warga dan Satu Gereja Rusak

Perbaikan Sistem Kelistrikan Ulumanda Tunggu Akses Jalan Diperbaiki