in

Dewan Minta Pemkot Semarang Minta Bantuan Pemerintah Pusat untuk Pengerukan Sungai Besar

Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Gumilang Febriansyah.

HALO SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mengimbau Pemerintah Kota Semarang untuk serius mencari solusi terkait persoalan banjir. Apalagi banjir tahun ini dirasa cukup tinggi dan tersebar hingga enam kecamatan dan 40 kelurahan setelah Kota Semarang diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Rabu (13/3/2024) sore hingga Kamis (14/32024). Bahkan, bencana banjir juga berdampak bencana lainnya seperti tanah longsor, pohon tumbang di beberapa titik atau wilayah di Kota Semarang, sehingga perlu dilakukan penanganan yang cepat.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Gumilang Febriansyah, Minggu (17/3/2024). Menurutnya, banjir yang terjadi di Kota Semarang tahun ini karena dipengaruhi oleh faktor cuaca ekstrem, sehingga saluran air tidak mampu menampung intensitas curah hujan yang tinggi. Dampaknya terjadi banjir di mana-dimana dan merata.

“Perlu pembuatan dapur umum dari mulai hari pertama banjir sampai beberapa hari ke depan. Ini untuk mendistribusian kebutuhan logistik. Selain itu kami dorong juga untuk meminta bantuan kepada pemerintah pusat, terkait penanganan sungai besar yang dangkal agar melakukan pengerukan secara rutin sungai BKT dan BKB. Karena memang sungai tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana,” ujarnya.

Pihaknya juga terus mendorong agar Pemkot Semarang berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam upaya mempercepat penanganan dampak banjir. “Pemkot harus pro aktif, karena tidak bisa selalu menunggu dari pemerintah pusat, apalagi dengan kondisi sungai yang sudah terlihat cepat dangkal saat musim kemarau. Kami juga mendorong pihak BBWS untuk menangani pendangkalan sungai untuk segera dikeruk,” katanya.

Di sisi lain, kata Febri, sapaan akrabnya, Pemkot Semarang juga didorong agar melakukan upaya penanganan dampak banjir mulai dari pengerukan sedimen saluran dan sungai kecil yang sudah dangkal. Khusus kali kecil, maupun selokan agar mampu menampung untuk kurangi dampak banjir saat hujan deras.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani juga kembali mengeluarkan adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah yang berlangsung pada 15-17 Maret 2024.

“Ini akibat di wilayah Jawa Tengah terpantau aktifnya gelombang Equatorial Rossby, gangguan atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO), dan bibit Siklon Tropis 91S di Samudera Hindia dan Bibit Siklon Tropis 94S di Teluk Carpentaria sekitar Utara Australia. Kondisi ini mengakibatkan meningkatnya intensitas curah hujan dan angin kencang di wilayah Jawa Tengah,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/3/2024).

Sehingga berdasarkan pantauan hasil, beberapa wilayah Jawa Tengah yang perlu diwaspadai memiliki potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai
petir/kilat dan angin kencang pada periode 15 hingga 17 Maret 2024.

“Yaitu wilayah Pegunungan Tengah (Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kab./kota Magelang, Boyolali, Kabupaten Semarang, Salatiga, Temanggung), Pantura (Brebes, Kota/Kabupaten Tegal, Pemalang, Kota/Kabupaten Pekalongan. Lalu, Batang, Kendal, Kota Semarang, Demak, Jepara, Pati, Rembang), dan Jawa Tengah Bagian Timur (Grobogan, Sragen, Blora, Kudus), Jawa Tengah Bagian Selatan (Kebumen, Purworejo), Solo Raya (Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri) ,dan sekitarnya,” jelasnya.

Sedangkan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Tengah dapat berlangsung hingga tanggal 18 Maret 2024. Sehingga masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di wilayah rawan bencana diimbau untuk terus waspada dan siaga terutama saat terjadi hujan lebat untuk mengantisipasi dampak yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, sambaran petir, dan pohon tumbang,” pungkasnya.(HS)

Percepat Penanganan Banjir, Pemkot Semarang Akan Bersihkan Saluran Dari Sampah

Hotel Ciputra Tawarkan Promo Paket Menginap Spesial dengan Ramadan Deals