in

Dewan Dorong Permudah Pelayanan Administrasi Penduduk

Dialog interaktif DPRD di salah satu stasiun televisi swasta lokal, Kamis (6/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Wahyu “Liluk” Winarto mendorong Pemerintah Kota Semarang, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memberikan pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan secara optimal, termasuk saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Sebab, menurut Liluk, sapaan akrabnya, pelayanan berupa adminitrasi kependudukan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap warga negara.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyu “Liluk” Winarto mengatakan, dirinya bahkan punya harapan, ke depan setiap orang hanya membawa selembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja, namun bisa mengakses apa saja.

“Jadi kalau sekarang di dompet banyak kartu, itu ribet. Tapi kalau cuma punya satu, misalnya KTP saja pasti akan efektif,” katanya, usai menjadi nara sumber dalam dialog interaktif DPRD di salah satu stasiun televisi swasta lokal, Kamis (6/5/2021).

Liluk juga memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Kota Semarang terkait dengan kinerja selama ini yang dinilai cukup bagus, dengan berbagai kreasi dan inovasinya. Termasuk melayani kepengurusan administrasi kependudukan masyarakat dengan menggunakan sistem online.

“Prinsipnya, dari Dewan mensupport betul pelayanan administrasi kependudukan. Karena ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga Disdukcapil juga harus mengikuti perkembangan zaman, di era yang serba teknologi ini harus diikuti dengan sumber daya manusia yang melek dan sadar dengan teknologi. Idealnya pelayanan yang bagus bisa dimulai dari tingkat kelurahan atau dari hulunya,” katanya.

Dari sidak yang pernah dilakukannya bersama Komisi A DPRD Kota Semarang ke beberapa kelurahan beberapa waktu lalu, Liluk melihat ada beberapa hal yang masih harus dibenahi.

“Misalnya harus diperbarui terutama pengetahuan sumber daya manusia (SDM) di kelurahan. Lalu, software, hingga infrastrukturnya. Sehingga harus seimbang, antara pelayanan optimal juga harus diikuti dengan pemenuhan infrastruktur yang merata juga,” imbuhnya.

Sementara Adi Tri Hananto, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

Seperti layanan menerbitkan KTP, KK, KIA. Tahun 2021 ini pihaknya akan menggunakan Mesin Anjungan Disdukcpil Mandiri (ADM) yang nantinya diletakkan di Balai Kota Semarang, untuk memudahkan masyarakat mengakses administrasi kependudukan.

“Mesin ini melayani semua yang berkaitan dengan administrasi kependudukan penerbitan KTP, cetak KK, KIA hanya di alat tersebut,” katanya.

Di mesin ini, akan ada empat pilihan layanan. Sehingga bisa melayani pencetakan dan tidak harus dilakukan di kantor Disdukcapil.

“Tinggal dikirim link, ini di luar KTP dan KIA, tidak butuh alat khusus. Artinya kertas putih untuk cetak KK atau akte-akte. Kita kirim link dan masyarakat juga bisa cetak sendiri di mesin ini,” terangnya.

Cara itu, kata Adi, akan menghemat waktu dan biaya luar biasa.

Selain menggunakan ADM untuk membantu pelayanan mengurus adminitrasi kependudukan, pihak Disdukcapil juga mengoptimalkan layanan online.

Jika ada masyarakat yang memiliki kebutuhan mendesak, ada petugas IT di setiap kelurahan yang standbay membantu.

“Mereka diberikan link oleh Disdukcapil untuk memudahkan pelayanan tersebut, agar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang membutuhman pelayanan kependudukan,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pattiro Semarang, Widhi Nugroho mengatakan, selama pandemi ini pihaknya melihat masih terjadi antrean cukup panjang saat mengurus KTP ataupun lainnya di Disdukcapil. Meski sudah ada penerapan protokol kesehatan di tempat tersebut.

“Saya melihat belum banyak masyarakat yang teredukasi untuk mengurus sendiri adminitrasi kependudukan secara online itu bisa sendiri. Seperti ngurus akte, KTP, KK itu cepat secara online. Salah satu cara untuk sosialisasi terkait prosedur pembuatan dan layanan juga bisa dishare dibagikan melalui grup RT, sehingga diketahui secara luas lagi,” pungkasnya.(HS)

Share This

Sidak Gerbang Tol Kalikangkung, Ganjar Ikut Interogasi Pengendara Luar Kota

Cek Pintu Tol Sragen, Ganjar Temukan Rombongan Di Travel Langgar Prokes