in

Dewan Dorong Penyiapan Fasilitas SMP N 16 Semarang

Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang saat melakukan tinjauan ke lokasi SMP Negeri 16 Semarang.

HALO SEMARANG – Jajaran Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang melakukan tinjauan ke lokasi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 yang berada di Jalan Prof Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang.

Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Swasti Aswagati mengatakan, pihaknya mendorong agar SMPN 16 Semarang bisa segera digunakan untuk proses belajar mengajar.

Pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) untuk segera melakukan persiapan fasilitas dan sarana di sekolah baru sebelum benar-benar ditempati.

“Kita mendorong Dinas Pendidikan juga melakukan persiapan-persiapan terkait fasilitas sekolah. Seperti ketersediaan air, maupun jaringan yang belum jadi harus segera dipersiapkan,” jelasnya, Kamis (6/6/2024).

Asti menambahkan, selain menyiapkan jaringan air bersih, jaringan kelistrikan juga penting untuk penghijauan yang harus disiapkan jauh-jauh hari. Sebab, menanam pohon tidak sebentar, jadi butuh waktu agar tumbuh dan rindang.

“Menanam pohon ini perlu persiapan dari jauh-jauh sebelumnya jadi saat pindahan anak-anak bisa nyaman dengan kondisi sekolah yang adem dan rindang,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, yang lebih penting adalah masalah pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan SMPN 16. Sebab, di depan SMPN 16 adalah jalur cepat kendaraan dengan kontur jalanan tajam dan naik turun.

Sehingga untuk keamanan siswa dan guru saat menyeberang diperlukan JPO dan rambu-rambu penanda adanya sekolahan di lokasi tersebut.

“Yang paling penting, akses jalan didepan itu kan jalur cepat kalau memang pembuatan JPO belum bisa menggunakan anggaran perubahan, kita harap ada rambu-rambu khusus yang menandai adanya sekolah, perlu juga ada piket outsourching untuk membantu anak-anak menyeberang,” paparnya.

Dia mendorong Disdik untuk bisa mulai menggunakan sekolah tersebut pada Januari 2025. Sehingga, dewan meminta persiapan sudah bisa dimulai dari sekarang sedikit demi sedikit, meskipun pembangunan tahap selanjutnya masih dilakukan.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo menambahkan, pembangunan SMPN 16 pada tahap ini memang sudah hampir selesai. Bahkan, sudah tidak ada alat-alat berat lagi di dalamnya, sehingga persiapan dapat mulai dilakukan.

Dia pun mengusulkan pihak sekolah bisa mulai mengenalkan lingkungan sekolah baru kepada siswa misalnya dengan mengadakan kerja bakti atau kemah bakti. Sehingga, nantinya anak-anak mengetahui seluk beluk dari bangunan sekolah barunya.(HS)

Hadiri Silaturahmi Calon Kepala Daerah Bersama Cak Imin di Semarang, Ini yang Diungkapkan Pakde Bas

Kemenag Harap UIN Siber Syekhnurjati Cirebon Jadi Prototipe Pendidikan Masa Depan