in

Dewan Beri Apresiasi BRT Trans Semarang Layani Pemudik dengan Optimal

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyu Winarto, saat menjadi narasumber dalam acara Dialog Interaktif DPRD Kota Semarang, baru-baru ini.

HALO SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang memberikan apresiasi terhadap pelayanan BRT Trans Semarang yang memudahkan dalam memberikan akses transportasi bagi masyarakat sebagai sarana penunjang mobilitas serta kelancaran aktivitas di perkotaan. Lebih-lebih saat momen mudik lebaran maupun libur panjang kemarin banyak pemudik yang singgah di Kota Semarang memanfaatkan sarana moda transportasi massal tersebut untuk sampai ke berbagai tempat tujuan.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyu Winarto mengatakan, bahwa fasilitas atau sarana berupa transportasi perkotaan, yakni BRT Trans Semarang, cukup penting dalam memudahkan penyediaan akses masyarakat untuk mobilitas dengan tarif yang bisa dijangkau. Sehingga masyarakat maupun wisatawan yang singgah di Kota Semarang makin mudah untuk beraktivitas.

“Sarana penunjang itu kan tidak hanya ada tersedia di lokasi objek wisata maupun pusat perbelanjaan, tapi sarana di luarnya, seperti salah satunya moda transportasi BRT ini, untuk bisa sampai ke sana (lokasi wisata-red), stasiun, maupun pusat keramaian lainnya,” jelasnya, Selasa (16/4/2024).

Untuk itu, kata Liluk, sapaan akrabnya, terkait fasilitas pendukung transportasi di dalam kota, Pemkot Semarang diimbau untuk ditingkatkan.

“Kita minta dibenahi, syukur- syukur bisa ditambah armadanya, dan yang lama diremajakan supaya pelayanan masyarakat makin optimal, serta dapat menarik pengguna BRT lebih banyak lagi, sisi fasilitasnya juga agar lebih representatif,” katanya.

Dengan adanya akses transportasi yang makin mudah, menurutnya, bisa menjadi salah satu alasan masyarakat luar kota datang ke Kota Semarang dan sekaligus menambah kunjungan wisata.

“Ini bisa menarik masyarakat untuk berkunjung ke sini lebih ramai, karena merasa betah dengan pelayanan bagus dan transportasi yang nyaman dan aman,” Pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang, Haris Setyo Yunanto mengatakan, pihaknya mengantisipasi banyaknya pemudik yang datang ke Semarang saat momen Lebaran dengan memberikan layanan sampai malam hari. Misalnya dari Terminal Mangkang ke Simpang Lima atau ke pusat kota.

“Untuk layanan malam tetap berjalan dengan normal. Karena kita antisipasi pemudik yang turun dari terminal untuk ke pusat kota,” katanya.

Selain itu dijelaskan Haris, bahwa untuk layanan BRT saat H+1 Lebaran atau Kamis (11/4) berjalan normal. Sementara, untuk layanan reguler disesuaikan yaitu pada Selasa (9/4) yaitu akhir layanan dari halte Balaikota dimajukan menjadi pukul 18.00 WIB, sementara untuk haru H Lebaran atau Rabu (10/4), layanan awal disesuaikan mulai pukul 09.00 WIB. (HS-06)

Peringati Hari Kartini, Pemkab Kendal Gelar Pemilihan Gender Champion 2024

BMKG Sebut Ada Potensi Terjadi Cuaca Ekstrem di Jateng