Dewan Berharap Warga Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman menasehati para pelanggar protokol kesehatan di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan dalam Operasi Protokol Kesehatan, Minggu (4/10/2020).

 

HALO PEKALONGAN –  Guna mencegah penyebaran Covid-19, sejumlah daerah di Provinsi Jateng mulai menggelar razia protokol protokol kesehatan.

Seperti terlihat di Kabupaten dan Kota Pekalongan, Minggu (4/10/2020), operasi tersebut dilakukan di beberapa titik berkumpulnya masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sukirman yang juga ikut memberikan imbauan kepada warga di tengah jalannya razia. Di sana, Sukirman mengajak warga yang sedang berada di kawasan car free day untuk tetap menaati protokol kesehatan.

“Operasi (protokol kesehatan) itu bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tindakan tersebut merupakan salah atu edukasi bagi masyarakat di masa  New normal (adaptasi kebiasaan baru) ini,” kata politikus PKB.

Dalam razia yang digawangi Satpol PP, Dinkes Kabupaten Pekalongan, dan Polres Kabupaten Pekalongan tersebut, para pelanggar diberikan sanksi teguran dan hukuman fisik. Selain itu juga ada yang dihukum dengan menyapu jalan, dan melafalkan kelima sila Pancasila.

Usai melaksanakan hukuman, para pelanggar diberi masker oleh Dinkes secara gratis.

Sukirman berharap, setelah para pelanggar mendapatkan sanksi, maka mereka dapat menginformasikan kepada warga lainnya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan rutinitas di luar rumah.

Dia juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Pekalongan ini, karena mampu memberikan edukasi yang baik kepada warganya.

“Warga yang telah menjalani hukuman kami harap bisa lebih jera dan selanjutnya selalu memakai masker. Saya lihat warga tidak mempermasalahkannya saat memilih jenis hukuman. Sudah cukup bagus yang dilakukan Gugus Tugas saat melaksanakan operasi tersebut,” katanya.

Selain di Alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan, razia protokol kesehatan juga dilaksanakan di beberapa wilayah di Kota Pekalongan.

Tidak sedikit pengguna jalan yang terjerat dalam operasi. Mereka berubah dan diimbau untuk selalu memakai masker serta diberi masker gratis dari Dinkes.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.