in

Dewan Ajak Masyarakat Sambut Hangat Pesta Demokrasi di Kota Semarang

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyu Winarto menjadi salah satu narasumber dalam Dialog Interaktif DPRD Kota Semarang dengan tema Menjaga Kualitas Demokrasi di Kota Semarang, Rabu (29/5/2024) di Hotel Noormans Semarang.

HALO SEMARANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Wahyu Winarto mengajak masyarakat untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan di Kota Semarang dengan hangat dan rasa senang. Dewan juga berharap pelaksanaan Pilwakot yang digelar 27 November 2024 mendatang menjadi lebih baik lagi.

“Kami berharap tidak ada tekanan, disambut dengan senang oleh semua masyarakat Kota Semarang,” jelasnya, saat menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif DPRD Kota Semarang yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta di Hotel Noormas Semarang, Rabu (29/5/2024).

Pihaknya, kata Liluk, sapaan akrabnya, juga mengimbau semua elemen masyarakat ikut menjaga situasi agar berjalan kondusif terhadap jalannya setiap tahapan Pilwalkot 2024. Sehingga pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar, apalagi Kota Semarang merupakan Ibukota Provinsi dimana menjadi tolak ukur kedewasaan dalam berdemokrasi. Mari kita jaga bersama kondusifitas agar tidak terjadi masalah di kemudian hari dan berjalan baik,” imbuhnya.

DPRD juga menekankan kepada masyarakat, di era media sosial (medsos) untuk tidak terpengaruh kepada informasi yang belum tentu benar.

“Karena yang ada di medsos bisa menggiring opini publik, sehingga jangan mudah terprovokasi, sumber informasinya dicek dulu darimana, saya kira masyarakat sudah paham dan makin dewasa serta tahu lah cara menggunakannya,” ungkapnya.

Selain itu, saat ini masyarakat sudah bisa melihat semua lebih transparan semua proses tahapan yang ada.

“Bisa dibilang seperti melihat di dalam aquarium, jika melihat kecurangan dalam pelaksanaan Pilwakot bisa langsung sampaikan via DM, ke Bawaslu, maupun KPU. Saya melihat masyarakat cukup antusias untuk ikut serta menjaga kualitas pelaksanaan pesta demokrasi,” pungkasnya.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Semarang, Yudi Hardianto Wibowo mengatakan, bahwa Pemkot Semarang ikut mendukung pelaksanaan Pilwalkot 2024. Sinergitas ini bisa terlihat dari bergerak bersama dengan KPU dan Bawaslu serta instansi terkait, misalnya dalam penyiapan, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dengan baik.

“Harapan tidak terjadi lagi permasalahan terkait data penduduk, karena sudah sesuai dengan ketentuan bersama KPU sehingga tidak ada lagi data pemilih di pesta demokrasi, dipakai untuk mencoblos dua kali dan digunakan untuk penggelembungan suara dan sebagainya,” ungkapnya.

Selain memberikan fasilitas untuk KPU, pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga kualitas pemilu di Kota Semarang.

“Kami imbau masyarakat untuk tidak emosional dan semuanya bisa menyalurkan aspirasinya dengan saling menghargai atau menjaga toleransi,” katanya.

Sementara, Ketua KPU Kota Semarang, Hendy Casandra Gultom mengatakan, bahwa indikator kualitas demokrasi di Kota Semarang salah satunya bisa dilihat dari partisipasi yang cukup tinggi dalam setiap perhelatan Pemilu.

Adapun tingkat partisipasi Pemilu kemarin capai angka 83 persen, sedangkan untuk partisipasi pemilih Pilwalkot tahun 2020 lalu diangka 68,62 persen, atau sekitar 800.005 pemilih yang datang ke TPS, sehingga ada kenaikan partisipasi dari masyarakat dalam ajang pilwakot sebelumnya.

“Untuk persiapan Pilwakot, baru-baru ini KPU melantik 531 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS), kemudian meluncurkan tagline maskot jingle yang digunakan lagu membersamai pelaksanaan Pilwalkot, serta juga bersamaan dengan gelaran Pilgub Jawa Tengah. Nanti akan ada Kotak Suara Pilgub, dan Kotak Suara Pilwakot di TPS,” katanya.

“KPU sangat siap melaksanakan Pilwakot, sebelumnya kita juga sudah melantik PPK, ini sedang membentuk sekretariat terdiri dari ASN sebanyak 3 orang di tiap kelurahan di 177 kelurahan kota Semarang, tinggal dalam waktu dekat akan ada pemuktahiran DPT, untuk penetapan jumlah TPS di Pilwalkot 27 November nanti,” imbuh Nanda, sapaan akrabnya. (HS-06)

PSIS Perpanjang Kontrak Gilbert Agius

Ribuan Muslim Bersholawat Bersama di Alun-alun Klaten