in

Destinasi Wisata Sungai Akan Dikembangkan BUMDes Kalirejo Kangkung

Sungai Guyangan di Dusun Kalibalik Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung, Kendal yang akan dikembangkan menjadi wisata bahari dengan pemandangan hutan bakau.

 

HALO KENDAL – Pemerintah Desa Kalirejo, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal menggelar penanaman bakau, sekaligus memperingati 61 tahun Karang Taruna yang dipusatkan di Dusun Kalibalik, Desa Kalirejo, Minggu (26/9/2021).

Acara dihadiri Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, Camat Kangkung beserta Forkopimcam dan Kepala Desa Kalirejo, Ketua dan Pengurus Karang Taruna baik Kecamatan Kangkung maupun Karang Taruna “Kamajaya” Desa Kalirejo.

Pada kesempatan itu, baik Wakil Bupati Kendal maupun Camat Kangkung beserta rombongan mencoba perahu boat menyusuri Sungai Guyangan yang ada di Dusun Kalibalik, Desa Kalirejo.

Kepala Desa Kalirejo, Teguh Sumaryanto mengatakan, bibit bakau yang akan ditanam nantinya ada 8.000 bibit. Untuk mewujudkan itu, pihak pemdes merangkul karang taruna desa setempat.

“Ya kami merangkul Karang Taruna Kamajaya Desa Kalirejo untuk menanam tanaman bakau. Hal ini kami lakukan untuk memperindah tambak di sini dan melestarikan alam tanaman bakau, dalam rangka mendukung wisata Bahari,” kata Kades.

Teguh menambahkan, nantinya di sungai Guyangan ini, akan dibuat wisata bahari yang akan dikelola BUMDes dengan mengajak para wisatawan melihat rimbunnya pohon bakau.

“Para wisatawan kami ajak melihat keindahan tanaman bakau dengan menaiki speedboat atau jetsky dengan jarak tempuh ke lokasi 1,5 kilometer, dengan lebar sungai lebih lebar di sebelah utara, selebar 30 meter,” terang Kades.

Terkait dengan akses yang harus dilalui dengan sepeda motor sepanjang 1 kilometer dari jalan cor desa, Teguh menjelaskan, nantinya para wisatawan akan diantar memakai perahu.

“Jadi nantinya di ujung jalan desa, akan kita buat seperti terminal atau tempat untuk parkir mobil dan motor, kemudian wisatawan akan dijemput dan diantar langsung dengan perahu ke lokasi pemberangkatan speedboat atau jetsky,” jelas Kades.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kendal yang kebetulan warga Desa Kalirejo, Muhammad Makmun sangat mendukung dengan adanya program pemdes yang akan melestarikan alam tanaman bakau dan membuat wisata bahari.

“Tentunya kami sangat mendukung inovasi-inovasi oleh pemerintah dalam rangka mengembangkan potensi wisata. Ini termasuk hal baru destinasi wisata. Tentunya terkait infrastruktur jalan, ini juga harus dipikirkan oleh pemdes, agar dimasukkan dalam program pembangunan desa. Harapannya ini bisa menjadi destinasi wisata baru masyarakat Kendal, untuk msnikmati hutan bakau sebelum mencapai bibir pantai,” ungkap Makmun.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah desa Kalirejo. Selain itu wabup yang akrab disapa Pakde Bas tersebut juga mendukung apa yang menjadi keinginan pemerintah desa dalam mewujudkan wisata bahari.

“Ya saya mendukung tujuan Pemerintah Desa Kalirejo untuk membuat wisata bahari. Tadi saya meninjau melalui speedboat memang indah pemandangan bakaunya. Untuk itu saya pesan, lanjutkan tujuan ini dan wujudkan dalam program desa,” ujarnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Kangkung, Jack Ajisaka mengaku, akan mengerahkan seluruh anggotanya dan siap bersinergi dengan pemerintah kecamatan maupun desa dalam rangka mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik.

“Di momen HUT Karang Taruna ke-61 ini, kami akan meningkatkan kerja sama dengan pihak kecamatan dan pemerintah desa untuk menjalankan program-program yang ada,” tukasnya.(HS)

Share This

Manjakan Lidah Pecinta Kuliner, Restoran Metro Park Hotel Sajikan “Nasi Goreng Kota Lama”

Pemerintah Akan Uji Coba PeduliLindungi di Pasar Tradisional, Termasuk Wonodri Semarang