Desakan Pergantian Rektor Unissula juga Muncul dari Ikatan Keluarga Alumni

Toni Triyanto (tengah), Ketua Panitia Musyawarah Nasional (Munas) IKA Unissula ke-5 bersama pengurus IKA Unissula saat menggelar jumpa pers di salah satu cafe di Kota Semarang, Jumat (27/3/2020).

 

HALO SEMARANG – Desakan untuk pergantian rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang terus menguat. Setelah sebelumnya Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi (BEM-PT) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dan beberapa organisasi kampus lain meminta Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) untuk melakukan pergantian atau menunjuk Pelaksana Tugas Rektor, kini giliran beberapa pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unissula yang meminta ada pergantian rektor.

Alasannya hampir sama, karena Rektor Unissula, Prabowo Setiyawan yang saat ini masih sakit, dinilai belum bisa menajalankan tugasnya sebagai pemegang kewenangan tertinggi di kampus.

Toni Triyanto, Departemen Hukum IKA Unissula mengatakan, memperhatikan kondisi kesehatan Rektor Unissula, Ir Prabowo Setiawan, M.T., Ph.D yang telah lebih dari enam bulan menjalani perawatan karena sakit, sehingga berakibat peran dan fungsi rektor tidak dapat dijalankan secara maksimal.

“Maka kami meminta kepada Pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) selaku Pengelola Institusi Unissula, segera mengambil kebijakan untuk memberhentikan secara hormat serta memberikan penghargaan atas jasa-jasa Rektor Unissula saat ini. Selanjutnya segera melakukan regenerasi kepemimpinan Unissula berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah diatur dalam Statuta Unissula,” katanya saat jumpa pers di salah satu cafe di Kota Semarang, Jumat (27/3/2020).

Sebagai akibat dari tidak maksimalnya peran dan fungsi Rektor Unıssula, katanya, juga mengakibatkan beberapa kegiatan IKA Unissula terganggu. Salah satunya Musyawarah Nasional (Munas) IKA Unissula ke-5 yang sedianya dilaksanakan Januari 2020, hingga kini belum bisa dilaksanakan. Hal itu karena panitia Munas kesulitan melakukan koordinasi dan komunikasi tentang penyelenggaraan Munas dengan rektor.

“Oleh karena itu, kami memohon kepada Pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) untuk mendukung pelaksanaan Musyawarah Nasional Ikatan Alumni Unissula (Munas-IKA) berdasarkan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKA Unissula demi terwujudnya ikatan alumni yang baik,” tandas Toni yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Musyawarah Nasional Ikatan Keluarga Alumni Unissula ke-5 2020 ini.

Sedianya, Munas IKA Unissula yang dilakanakan empat tahun sekali akan dihadiri ribuan peserta alumni. Dalam Munas tersebut ada agenda yang menurutnya sangat penting, yaitu pergantian pengurus baru dan pembahasan program kerja ke depan.

“Dengan tidak aktifnya rektor saat ini, tentu menghambat rencana pelaksanaan musyawarah nasional. Memang ada wakil rektor, tapi tak ada yang bisa membuat kebijakan dan keputusan,” katanya.

Dengan adanya pergantian rektor, diharapkan rektor baru akan memberikan petunjuk agar kegiatan Munas bisa berjalan sukses.

“Jika desakan ini tak direspon pihak yayasan, kami akan melakukan upaya hukum. Karena ada pelanggaran statuta perguruan tinggi,” tabdasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.