in

Desa Wisata Bangowan Blora Masuk 100 Besar ADWI 2024 Kemenparekraf RI

Desa Wisata Bangowan, di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. (Sumber : jadesta.kemenparekraf.go.id)

 

HALO BLORA – Desa Wisata (dewis) Bangowan, di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berhasil menembus 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Kabar baik itu datang dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pengumuman 100 besar ADWI 2024, disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (24/5/2024).

Dalam pengumuman tersebut, dari 100 Desa Wisata di Indonesia, tujuh desa wisata terbaik berasal dari Jawa Tengah.

Beberapa adalah Desa Wisata Karangsambung Kabupaten Kebumen, Desa Wisata Pesona Gunung Prau Kabupaten Wonosobo, dan Desa Wisata Wanurejo Kabupaten Magelang.

Juga Desa Wisata Kebondalem Kidul Kabupaten Klaten, Desa Wisata Bangowan Kabupaten Blora, Desa Wisata Sendangsari Kabupaten Rembang, dan Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Iwan Setiyarso, seperti dirilis blorakab.go.id, mengungkapkan bahwa ini merupakan pencapaian luar biasa yang patut dibanggakan.

“Pencapaian ini patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini ada 6.016 desa wisata yang terdaftar ikut serta,” kata dia, Sabtu (25/5/2024) malam.

Iwan Setiyarso berharap, pencapaian itu bisa menjadi penyemangat desa wisata lain di Kabupaten Blora untuk berbenah dan meningkatkan diri.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Yeti Romdonah, menambahkan meskipun menembus penghargaan 100 besar ADWI 2024, pihaknya berharap bisa masuk nominasi 50 terbaik se Indonesia.

“Mohon doanya semoga masuk 50 terbaik,” ucapnya.

Sementara itu Hanif Massadini salah satu Pengelola Desa Wisata Bangowan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya warga Desa Bangowan serta semangat dan upaya rekan-rekan Pokdarwis,” tuturnya.

Ia berharap, ke depan akan menjadi lebih baik dalam menggeliatkan pariwisata di Desa Bangowan dan Kabupaten Blora.

 

Atraksi Wisata

Sementara itu berdasarkan informasi yang dirililis Kemenparekraf RI melalui jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Bangowan merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Blora yang menawarkan atraksi wisata budaya, wisata alam, dan wisata edukasi.

Desa Wisata Bangowan berjarak 20 Km dari pusat kota Kabupaten Blora dengan waktu tempuh 30 menit dan berjarak 150 Km dari Ibukota Provinsi Jawa Tengah dengan waktu tempuh 240 menit.

Desa Wisata Bangowan adalah desa wisata dengan wisata budaya lokal desa dan pelestarian alam.

Budaya lokal desa seperti Wayang Thengul dan Karawitan/Tayub disajikan agar wisatawan dapat menikmati suasana yang khas dari Desa Wisata Bangowan, termasuk wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas desa yang ramah lingkungan yang dikemas dalam acara kenduren.

Di Desa Wisata Bangowan selain wisata budaya, wisatawan juga bisa menikmati sunrise  di bentangan perbukitan Kapur Utara, camping / glamping, outbound dan konservasi alam di Wisata Bukit Kunci.

Wisatawan juga bisa menyaksikan sumur minyak tua peninggalan Belanda, kemudian belajar beternak di Megantara Farm peternakan bebek milik warga. Wisatawan bisa mengakhiri kegiatan dengan ber-agrowisata di kebun sawo organik sekaligus bisa membawa buah sawo sebagai oleh-oleh.

Desa Wisata Bangowan terletak di perbukitan kapur utara, diberkahi bentangan alam yang unik dan budaya lokal yang otentik.

Wayang Thengul

Wayang Thengul Bangowan merupakan Wayang Thengul tertua di Kabupaten Blora, yakni sudah berusia lebih 100 Tahun, namun masih terawat dan terjaga sampai generasi keempat.

Saat ini Wayang Thengul Bangowan tersimpan rapi di Rumah Budaya “Mbah Dalang”.

Tokoh Wayang Thengul Bangowan berjumlah 75 tokoh dengan masing-masing karakter yang unik dan berbeda.

Wayang thengul Bangowan merupakan aset yang berharga bagi Masyarakat Desa Bangowan karena memiliki nilai historis yang panjang. Wayang Thengul Bangowan masih rutin dipentaskan saat ada hajatan “ruwatan” atau ada orang punya “nazar”.

Untuk melestarikan keberadaan Wayang Thengul, setiap hari Minggu remaja-remaja Desa Wisata Bangowan melakukan latihan menabuh gamelan/karawitan dan ndalang wayang thengul bertempat di Rumah Budaya Mbah Dalang.

Selain itu upaya pelestarian budaya ini merupakan salah satu tujuan mejadikan Desa Bangowan sebagai Desa Wisata.

Ada nilai pemanfaatan dari produk budaya untuk bisa dikemas menjadi sebuah daya tarik wisata dengan harapan budaya tersebut akan lestari melalui proses tersebut.

Bukit Kunci

Desa Wisata Bangowan terletak di perbukitan kapur utara, diberkahi bentang alam yang unik dan budaya lokal yang otentik.

Di salah satu lokasi perbukitan tersebut terdapat Daya Tarik Wisata Alam ‘Bukit Kunci’, yang merupakan camping ground yang dilengkapi fasilitas glamping dan persewaan tenda. Pengunjung juga dapat melakuakan aktivitas outbond disini. Pengunjung akan bisa menyaksikan keindahan Gunung lawu dengan sangat jelas terutama pada pagi hari.

Hamparan hutan, pemukiman dan persawahan hijau yang ada dibawahnya pun seolah membuat mata menjadi adem dan sejuk.

Ditambah dengan semilir angin yang sangat segar. Apabila datang ketika sore hari, pengunjung dapat melihat sunset sambil menikmati minuman yang dapat dibeli di warung sekitar bukit kunci.

Bukit Kunci ini dulunya adalah perbukitan gersang yang kemudian diolah menjadi sebuah daya tarik wisata dengan upaya pelestarian lingkungan melalui penghijauan dengan melibatkan masyarakat Desa dan juga melibatkan wisatawan/pengunjung menjadi sebuah paket ekowisata.

Selain itu di Wisata Bukit Kunci juga mendukung program green energy. Di Wisata Bukit Kunci terdapat 2 buah Turbin Archimedes untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dengan kapasitas masing-masing 1000 Watt untuk menyuplai kebutuhan listrik di Wisata Bukit Kunci.

Agrowisata Sawo

Buah sawo organik merupakan buah khas Desa Bangowan yang keberadaannya juga ikonik.

Buah sawo organik Desa Bangowan mempunyai cita rasa yang legit dan buah yang besar, selain itu keorganikan buah sawo desa Bangowan juga sudah disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Seloliman Mojokerto (LeSOS) sejak 2015.

Di Dukuh Watugunung tempat kebun buah Sawo Organik Bangowan, tumbuh empat pohon induk berumur lebih dari 200 tahun.

Pohon berumur lebih muda, sekitar 1.400 batang, ditanam sejak 1983 dan masih berbuah sampai sekarang. Saat ini kebun Buah Sawo Organik Bangowan dikelola oleh kelompok tani Timbul Mulyo dukuh Watugunung Desa Bangowan. Untuk memperbanyak pohon buah sawo organik Bangowan, para warga terus menanam bibit buah sawo organik yang diperoleh dari proses cangkok.

Berkunjung ke Desa Wisata Bangowan harus mencoba paket wisata budaya. selain melihat langsung mini pentas wayang thengul bangowan, wisatawan juga bisa mewarnai replika patung wayang thengul, belajar ndalang, belajar gamelan, belajar tari tayub dan makan malam dengan model kenduren.

Selain itu paket eksplorasi Bangowan juga akan me-refresh wisatawan dari kepenatan dan kesibukan di kota.

Wisatawan dapat melihat pemandangan perbukitan kapur utara di Wisata Bukit Kunci, berinteraksi dengan warga lokal dengan berkunjung ke peternakan bebek pedaging, juga menambah wawasan tentang sumur minyak tua peninggalan Belanda. (HS-08)

Pramuka Rembang Tawarkan Rekreasi Edukatif di Pesta Siaga Jateng 2024

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polres Rembang Gelar Patroli Dialogis Serentak di 6 Wilayah