in

Desa Pranggong Wakili Andong Ikuti Lomba Kampung Germas di Boyolali

Masyarakat Desa Pranggong mempersiapkan kebun pohon jati untuk dijadikan taman wisata Pringgondani, sekaligus untuk edukasi bagi anak-anak sekitar. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Desa Pranggong mewakili Kecamatan Andong, untuk maju dalam lomba Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Boyolali. Pelaksanaan Kampung Germas, dipusatkan di Dukuh Beran dan Miribosok.

Kepala Desa Pranggong, Wagimin menjelaskan Desa Pranggong tidak memiliki persiapan sama sekali untuk menjadi Kampung Germas. Namun dengan adanya kesepakatan dan gotong-royong masyarakat bersama tenaga kesehatan Bidan Desa Pranggong, terwujudlah Kampung Germas.

“Kami dalam kondisi awal memang sangat-sangat nol dari persiapan, tapi kami terima tantangan,” kata dia, Selasa (31/8), seperti dirilis Boyolali.go.id.

Wagimin mengatakan diinisiasi paska Lebaran Idul Fitri lalu untuk pelaksanaan segala persiapan, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat dan dengan sukarela masyarakat menanggapi positif adanya Kampung Germas tersebut.

“Kami mewajibkan seluruh penduduk di Dukuh Beran dan Miribosok ini, masing-masing rumah harus punya tanaman buah, punya tanaman toga, punya sayur mayur,” lanjutnya lagi.

Ditambahkan Wagimin, persiapan Kampung Germas di Desa Pranggong tersebut terkendala luasnya area yang dari awal kurang tertata dan minimnya biaya meski seluruh elemen masyarakat turut mendukung terwujudnya Kampung Germas tersebut.

Adapun biaya tersebut didapatkan dari desa, donatur, puskesmas, TNI-Polri dan yang paling besar dari biaya swadaya masyarakat.

“Dukuh Beran kami inovasi, dengan memunculkan lahan jati yang tadinya kotor, dengan ide gagasan kita bersama kita cetak menjadi Taman Pringgondani dan Taman Srikandhi. Selanjutnya nanti kami akan connecting [terhubung] dengan Miribosok, dengan bumi perkemahannya. Connecting dengan Jenggotan dengan agrowisata sehingga bener-bener di tiga dukuh ini akan terbentuk satu pusat wisata lokal yang notabenenya sangat bagus,” jelasnya.

Sementara itu, Promotor Kesehatan Puskesmas Andong, Delvi Tungga memberikan keterangan bahwa setiap Kecamatan di Kabupaten Boyolali harus memiliki Kampung Germas, maka ditunjuklah Desa Pranggong untuk mewakili Kecamatan Andong.

“Ya harapan kami, dengan pelaksanaan Kampung Germas ini, pelaksanaan Kampung Germas yang sesungguhnya yaitu 12 indikator bisa terlaksana bisa dilakukan semua masyarakat. Dan ini merupakan contoh bagi desa-desa lain di Kecamatan Andong,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu warga Desa Pranggong Sutarman menyampaikan bahwa warga Dukuh Beran sangat antusias untuk mewujudkan desa wisata. Taman Pringgondani salah satu taman yang dibuat warga, yang nanti bisa dimanfaatkan untuk permainan anak dan kegiatan mancakrida (outbound).

“Pertama saya membikin seperti ini, karena untuk memancing motivasi anak dari usia dini untuk belajar mengenal huruf-huruf, taman edukasi. Harapan ke depan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lingkungan sini,” katanya. (HS-08)

Share This

DPRD Boyolali Setujui Perubahan APBD 2021

Wakil Wali Kota Surakarta Berharap UMKM Punya Andil Kembangkan Produk Halal