in

Desa Pamriyan Gemuh Jadi Target Pembangunan TMMD Sengkuyung Tahap III

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto pidato usai penandatanganan Berita Acara Serah Terima Program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021, di Ruang Paringgitan Sekda Kendal, Rabu (15/9/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021, di Ruang Paringgitan Sekda Kendal, Rabu (15/9/2021).

Pada Program TMMD Tahap III ini, Kodim 0715/Kendal mengambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, yang difokuskan di Desa Pamriyan, Kecamatan Gemuh.

Acara Penandatanganan Berita Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Sekda Kendal, Moh Toha, Ketua DPRD Kendal, Muhammmad Makmun, Komandan Kodim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto, Perwakilan Polres Kendal dan Perwakilan OPD terkait.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan TMMD Sengkuyung merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan saling berkoordinasi.

“Tentu dengan adanya TMMD ini menjelaskan bahwa ini adalah wujud nyata kegiatan TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan juga masyarakat untuk saling bergotong royong dalam melakukan pembangunan,” kata Bupati.

Sementara pemabangunan pada TMMD Sengkuyung Tahap III yang mengambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” memiliki manfaat, dalam memperlancar tranportasi di pedesaan.

“Semoga dengan TMMD ini, bisa memperlancar roda perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Dico.

Sementara usai acara, Letkol Inf Iman Widhiarto menjelaskan, dalam program TMMD di Desa Pamriyan ini selain membangun fisik jalan, juga ada non fisik seperti penyuluhan-penyuluhan.

Disebutkan, penyuluhan di antaranya, tentang wawasan kebangsaan, kemudian bahaya narkoba, juga keluarga berencana dan beberapa penyuluhan lainnya. Termasuk penyuluhan pengelolaan sampah.

“Untuk fisik kita akan kerjakan 678 meter jalan, dengan lebar tiga meter dan ketebalannya 12 centimeter,” jelas Dandim.

Terkait anggaran, Iman menyebut, dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 150 juta, dari APBD Kabupaten Kendal sebesar Rp 100 juta dan dari Swadaya Masyarakat Desa Pamriyan sebesar Rp 25 juta.

Dirinya menambahkan, pihak Kodim akan mengerahkan 30 personel atau satu pleton dalam pengerjaan program TMMD di Desa Pamriyan.

“Konsepnya TNI itu adalah tenaga yang mengerjakan. Walaupun kemungkinan tenaga itu akan dibantu masyarakat. Karena saat ini, TNI sebagai tenaga inti yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan dalam penanganan covid,” imbuh Iman.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pamriyan, Taufiq Rizal mengatakan, sampai saat ini, 80 persen jalan di desanya sudah terbangun, dengan adanya pra TMMD.
Taufiq menyebut, pembangunan jalan ini sangat membantu warganya yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai petani dan buruh.

“Selain membantu transportasi pertanian, jalan ini nantinya juga berguna bagi akses penghubung dua desa, yakni Desa Cepokomulyo dengan Sedayu,” jelas Kades.

Ia juga menambahkan, nantinya dalam pengerjaan akan mengerahkan 20 warga, untuk ikut membantu pengerjaan.

“Jadi tiap hari akan kita gilir, tiga RT per hari, dengan jumlah warga sekitar 20 orang tiap harinya,” imbuh Taufiq.

Dirinya dalam kesempatan ini juga mengucapkan terima kasih karena adanya program TMMD yang akan membangun jalan di desanya.

“Kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada TNI yang sudah mewujudkan program TMMD di desa kami. Semoga apa yang diberikan bisa bermanfaat bagi warga kami,” ungkapnya.(HS)

Share This

Anak-Anak Sudah Rindu Bersekolah, Bupati Sukoharjo Minta Disiplin Prokes

Kembangkan UMKM di Surakarta, Alumni Akabri 1996 Beri Pelatihan Digital