in

Desa Jinggotan Jepara Kampanyekan Germas

Senam bersama dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Jepara. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan membentuk Kampung Germas.

Kegiatan kampanye dilaksanakan di lapangan Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Rabu (30/11/2022), diawali dengan senam bersama dan diisi sejumlah kegiatan, antara lain pemeriksaan kesehatan dan stand bazar.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara Nur Cholis, Camat Kembang Anwar Sadat, Kepala Puskesmas Kembang Dokter Figi Bayu Joko Saputro, unsur Forkopimcam Kembang, Petinggi dan Ketua Forum Kesehatan Desa (FKD) se-Kecamatan Kembang, serta masyarakat.

Kabid Kesmas DKK Jepara Nur Cholis, mewakili Pj Bupati, seperti dirilis jepara.go.id, mengatakan Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat.

Dalam gerakan tersebut, masyarakat juga diajak untuk meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang sehat.

Setidaknya terdapat tujuh langkah penting dalam rangka menjalankan Germas, meliputi melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, berhenti merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan memanfaatkan jamban.

Aspek sanitasi merupakan bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat, salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran.

“Aktivitas buang kotoran di luar jamban, dapat meningkatkan risiko penularan berbagai jenis penyakit, sekaligus menurunkan kualitas lingkungan,” kata dia, seperti dirilis jepara.go.id.

Ketujuh langkah tersebut, juga merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat, guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang diderita.

Secara umum, tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Karena dengan gaya hidup sehat akan memberikan banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. (HS-08)

Gelar Aksi Mengetuk Pintu Langit, Ratusan Karyawan RSI Ditemui Pj Bupati Jepara

Ratusan Guru PJOK di Batang Diajak Jadi Agen Gempur Rokok Ilegal