Dengan ADM dan Paklay, Masyarakat Karanganyar Makin Mudah Urus KTP

Halo Karanganyar, Anjungan Dukcapil Mandiri ADM, Paket Layanan Komplit

 

Bupati Karanganyar saat menyampaikan sambutan, dalam Peresmian penggunaan Anjungan Dukcapil Mandiri, Aplikasi Paket Layanan Komplit, di Kantor Disdukcapil Karanganyar. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

HALO KARANGANYAR – Masyarakat Kabupaten Karanganyar, saat ini makin dipermudah untuk mengurus administrasi kependudukan, setelah Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dan aplikasi Paket Layanan Komplit (Paklay).

Mesin yang menggunakan layar sentuh dan QR Code tersebut, mampu mencetak dokumen-dokumen tersebut, kurang dari satu menit.

Peluncuran ADM dan Paklay, secara simbolis dilakukan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Kantor Disdukcapil Karanganyar.

Kepala Disdukcapil Karanganyar, Ani Indriastuti menyampaikan, inovasi layanan ini berdasarkan Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

Melalui anjungan itu, masyarakat dapat mencetak dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP, akta pencatatan sipil dan lainnya.

“Sebenarnya tidak sampai 1 menit, hasilnya bisa keluar (tercetak). Blangko KIA dan KTP cukup, lainnya kan pakai HVS. KTP kemarin dapat sekitar 14 ribu,” katanya.

Dia menjelaskan, data base kependudukan sudah ada di Disdukcapil Karanganyar. Sebelum memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat dapat meminta PIN atau Code QR kepada petugas melalui nomor WA 08112957751. Selain itu masyarakat juga dapat mengunduh aplikasi Paklay melalui Google Play.

Lebih lanjut, anjungan tersebut rencananya akan ditempatkan di mall pelayanan publik. Karena tempat itu belum dibangun, sementara ini ditempatkan di Kantor Disdukcapil Karanganyar. Sehingga setelah meminta kode PIN atau Code QR, masyarakat dapat melakukan pencetakan secara mandiri di Kantor Disdukcapil Karanganyar.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono menambahkan, inovasi ini merupakan jawaban dari tuntutan pelayanan masyarakat di tengah kondisi pandemi virus Covid-19.  Mengingat masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi online.

“Akan kita sempurnakan. Supaya unitnya bisa ditambah dan di tempatkan di lokasi strategis,” imbuhnya. Diskominfo (HS-08).

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.