Datangi Bawaslu Kota Semarang, Mahasiswa Unnes Teliti Kualitas Demokrasi

Mahasiswa Fakultas Hukum Unnes, Rizki Aji Rahmawan, didampingi komisioner Bawaslu Kota Semarang, sekaligus Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Naya Amin Zaini, di kantor Bawaslu Kota Semarang. (Dok.Humas Bawaslu Kota Semarang)

 

HALO SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu) Kota Semarang, mendapat kunjungan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes), untuk melakukan penelitian, belum lama ini.

Penelitian berjudul “Penilaian Kualitas Demokrasi, Terhadap Pelaksanaan Pilkada di Masa Pandemi Covid-19” di Bawaslu Kota Semarang tersebut, sejakaligus untuk memperoleh informasi lebih mendalam, mengenai pengawasan serta penanganan pelanggaran pada Pilkada 2020 di Kota Semarang.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini, menjelaskan penelitian tersebut menggunakan bahan tentang strategi pengawasan, pencegahan, kekhususan dalam pengawasan Pilkada di masa pandemi, dan strategi penanganan pelanggaran dalam masa pandemi.

- Advertisement -

“Bawaslu Kota Semarang, memberikan data bersifat kualitatif dan kuantitatif kepada peneliti. Metode penelitian yang dilakukan, dengan melakukan wawancara, kuesioner, analisis data, dan pengamatan secara langsung,” ujar Naya, sapan akrabnya.

Mahasiswa FH Unnes,  Rizki Aji Rahmawan Abdullah, mengatakan penelitian tersebut dia lakukan untuk menyusun skripsi, sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana. Untuk mempertajam data penelitiannya, tentunya dirinya harus meminta data ke Kantor Bawaslu Kota Semarang.

“Ketertarikan dalam penelitian di Bawaslu Kota Semarang, karena adanya pasangan calon tunggal di Pilkada Semarang Tahun 2020, dan Pilkada yang diselenggarakan di tengah pandemic, dengan partisipasi tinggi, serta adanya pelanggaran pilkada yang ditangani cukup tinggi juga,” jelasnya.

Setelah selesainya penyelenggaraan Pilkada serentak 2020, harapan dia Bawaslu Kota Semarang dapat terus memberikan data dan juga keterbukaan informasi kepada masyarakat. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.