in

Dashat Cara Jitu Cegah Stunting di Brebes

Peluncuran program Dashat di Pendopo Kabupaten Brebes. (Foto : Brebeskab.go.id)

 

HALO BREBES – Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), diharapkan menjadi cara jitu mencegah stunting (kependekan) di Kabupaten Brebes. Dashat juga sebagai bentuk keseriusan Pemkab Brebes, dalam mengatasi stunting di Kota Bawang ini, agar tidak ada lagi terjadi kasus stunting.

Bupati Idza mengatakan, penyebab masalah stunting didominasi oleh kurang optimalnya kondisi kesehatan dan asupan nutrisi pada ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Untuk itu perlu adanya penanganan yang serius untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu dengan mendirikan Dapur Sehat Atasi Stunting.

Dashat dikenalkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang di dalamnya mencakup beberapa kegiatan. Antara lain edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui, serta balita.

Lewat Dashat, masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa dan bergizi baik. Selain itu ada pula pemberdayaan masyarakat untuk penyediaan makanan padat gizi dengan bahan lokal.

Juga menjadi pusat Referensi bila mana ada ibu hamil, ingin masak makanan sehat, namun tidak tahu harus masak apa, maka bisa ditanyakan cara dan bahannya di Dashat.

“Tidak semua makanan sehat itu mahal. Ingin bukti, cobalah lihat dan tanyakan di Dashat, makanan apa saja yang sehat tapi murah, dengan bahan apa saja?” kata Idza, seperti dirilis Brebeskab.go.id.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Brebes berharap kedepan semua ibu hamil, ibu yang hendak hamil dan ibu menyusui lebih diperhatikan asupan Nutrisinya. Sehingga kasus Stunting tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Sebelumnya, dalam peluncuran program Dashat di Pendopo Kabupaten Brebes, Jumat (20/8), Bupati Idza juga membacakan deklarasi mendukung upaya mengentaskan stunting di desa.

Deklarasi diikuti jajaran DP3KB, penyuluh KB, perwakilan kampung KB, Perwakilan Kepala Desa dan tamu undangan lainya. Launching Dashat ditandai pemukulan perlengkapan dapur. Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan secara simbolis peralatan mesin penyegel plastik dan buku menu berbasis pangan lokal untuk cegah Stunting pada balita dari Bupati Brebes kepada Perwakilan Tim Penggerak PKK Desa. (HS-08)

Share This

Aplikasi Simon Manjat BPKAD Brebes, Dongkrak Percepatan Pelaporan Pajak Pusat

Polres Pekalongan Berkomitmen Wujudkan Bersih dari Korupsi