in

Dari Rumah Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Webinar Kesehatan Mental

Direktur Institut Psikoanalisis Indonesia, Muhammad Fakhrun Siraj, PSA, NCPsyA saat menjadi nara sumber webinar Pentingnya Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19.

 

HALO SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram dari Rumah Angkatan 12 Kelompok V UIN Walisongo, menggelar acara webinar kesehatan bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19” melalui via Zoom Meeting, Jumat (30/7/2021).

Dalam acara tersebut, turut hadir Direktur Institut Psikoanalisis Indonesia, Muhammad Fakhrun Siraj, PSA, NCPsyA dengan Keynote Speaker Widayat Mintarsih, MPd selaku Dosen Pendamping Lapangan. Moderatori langsung oleh Suripto selaku anggota KKN Kelompok V.

Widayat Mintarsih menyampaikan, diselenggarakan web dalam seminar (webinar) ini dapat memberikan kontribusi yang positif dalam menjaga kesehatan mental masyarakat.

“Webinar seperti ini sangat penting dan bagus untuk dilaksanakan, mengingat kondisi di tengah banyaknya permasalahan di bawah, seperti kebijakan pemerintah syaitu lockdown dan PPKM membuat masyarakat mengalami penurunan mental ataupun psikis,” tuturnya kepada ratusan peserta dari berbagai daerah dan kalangan.

Muhammad Fakhrun Siraj menyatakan, kesehatan mental yang dulunya tidak memiliki kedudukan penting, sekarang menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan.

“Dulu, masyarakat lebih memandang kesehatan fisik lebih penting daripada kesehatan mental, namun sekarang sudah mulai berimbang dan membaik. Yang aktual dalam pembicaraan psikologi yaitu penderitaan, di mana penderitaan itulah yang akan menyangkut pada gangguan-gangguan kesehatan mental. Perlu diketahui bahwa kesehatan mental merupakan suatu yang harus diupayakan dan diperjuangkan, apalagi di tengah pandemi yang menimbulkan banyak tekanan dan gangguan-gangguan kesehatan mental,” katanya.

Ditambahkan, kesehatan mental menjadi permasalahan bersama pada masa pandemi Covid-19 ini. Sehingga perlu adanya upaya mengembalikan kesehatan mental yang dilakukan secara kolektif dengan bahu membahu satu sama lain, agar dapat terwujudkan secara nyata.

“Terkait kesadaran kita akan kebersamaan dalam menghadapi pandemi menjadi hal yang penting, di mana bersama saling memahami, menghargai, dan menjaga satu sama lain, maka akan terwujudnya kesehatan mental secara kolektif,” paparnya.(HS)

Share This

Vaksinasi Digelar Polres Kendal, Warga Sangat Antusias

101 Pohon Tabebuya Bantuan PT Jasa Raharja Siap Ditanam di Kota Semarang