in

Dari Gerakan Peduli Pantai, Karang Taruna Karangmalang Buka Wisata Pantai

Bupati Kendal saat penanaman pohon di Pantai Karangasri Desa Karangmalang, Minggu (6/6/2021).

 

HALO KENDAL – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, Karang Taruna Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung, mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon.

Aksi peduli lingkungan dibantu sekitar 300 orang dari komunitas pecinta lingkungan, penggiat lingkungan, mahasiswa, pelajar dan warga setempat.

Hasilnya, kawasan Pantai Karangasri, Desa Karangmalang sepanjang 1,5 kilometer yang semula ditumbuhi tanaman liar, kini lebih bersih dan bisa menjadi kawasan tempat wisata.

Ketua Karang Taruna Desa Karangmalang, Habib Anwar mengatakan, sebenarnya kegiatan bersih pantai dan penanaman pohon sudah dimulai sejak awal tahun 2016 lalu.

“Namun saat itu, hanya dilakukan oleh pemuda setempat. Baru kemarin Sabtu (5/6/2021) dan Minggu (6/6/2021) ada perhatian dari pemerintah daerah,” ujarnya kepada halosemarang.id, Senin (7/6/2021).

Habib berharap, selalu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Kendal, sehingga keinginan para pemuda untuk memiliki tempat wisata di wilayahnya bisa terwujud.

“Kami sudah merintis sejak awal 2016 lalu, tapi hanya para pemuda dari Karang Taruna yang ingin memiliki tempat wisata. Alhamdulillah tahun ini ada dukungan dari desa dan support dari Bupati Kendal yang peduli dengan pengembangan wisata,” ungkapnya.

Habib menjelaskan, saat ini baru ditanami sekitar 800 pohon cemara laut, sehingga satu atau dua tahun ke depan sudah tampak pepohonan yang menambah asri kawasan ini.

Meski demikian, pantai ini sudah bisa dikunjungi masyarakat umum, namun harus menjaga kebersihan dan ikut memelihara supaya pohon-pohon yang baru ditanam bisa tumbuh subur.

“Kalau sekarang pohon-pohonnya baru tumbuh, jadi masih beberapa tahun ke depan pantai ini bisa menjadi tempat wisata dengan pohon-pohon yang teduh,” ujar Habib.

Gerakan Karang Taruna Desa Karangmalang ini, adalah sebagai bentuk kepedulian, melihat kondisi pantai di wilayah Kendal yang kondisinya memprihatinkan.

Sehingga, lanjut Habib, harus ada kepedulian bersama untuk menjadikan kawasan pantai yang bersih yang bisa dijadikan tempat wisata.

“Kami harap, peringatan Hari Lingkungan Hidup, tidak sekadar seremonial, tapi betul-betul aksi nyata dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kendal. Sehingga kondisi alam akan lestari dan bisa dinikmati anak cucu kita nanti,” harapnya.

Untuk menjadikan Pantai Karangasri ini sebagai tempat wisata memang masih banyak pembenahan. Terutama menjaga agar kawasan pantai ini selalu bersih dan rapi, selain itu harus ada perbaikan akses jalan menuju kawasan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono mengatakan, untuk perbaikan akses jalan, baru bisa dilakukan melalui anggaran APBD Kendal pada tahun 2022 mendatang.

“Akses jalan ini sekarang statusnya sudah menjadi jalan kabupaten, namun untuk perbaikan jalan tetap harus didukung dari Dana Desa maupun Dana Dusun,” tukas Sugiono.(HS)

Share This

Soal PHK Ratusan Non-ASN, Ombudsman: Wali Kota Semarang Bisa Kaji Lagi Secara Komprehensif

Dua Bocah SD Curi Motor Di Semarang, Kasus Diselesaikan Secara Restorative Justice