in

Dari Cadangan Berubah Jadi Andalan

Federico Chiesa/dok.

 

HALO SPORT – Dari pemain cadangan, Federico Chiesa kini menjadi andalan Timnas Italia pada Piala Eropa 2020. Winger 23 tahun itu turut berperan meloloskan negaranya ke partai puncak melawan Timnas Inggris, Senin (12/72021) dini hari WIB.

Sepak terjang Federico juga sudah melampaui pencapaian ayahnya, Enrico Chiesa. Federico menyumbang gol ke gawang Timnas Austria pada babak 16 besar dan Timnas Spanyol di semifinal.

Gol itu menjadi sejarah ketika seorang ayah dan anak mencetak gol di ajang Euro. Pada 1996, Enrico sang ayah menyumbang gol saat Italia kalah 1-2 dari Republik Ceko di fase grup.

Perjalanan Federico bersama Squadra Azzurra di pentas Euro lebih bagus daripada sang ayah. Penyerang sayap Juventus itu sukses menembus final, sedangkan Enrico terhenti di fase grup.

‘’Rasanya luar biasa membawa nama keluarga saya begitu tinggi di sepak bola Eropa dan dunia. Saya bangga menjadi putra ayah dan ibu saya,’’ tutur Chiesa seperti dilansir dari Sky Sport Italia.

Selain menyanjung ayahnya, dia juga memuji Roberto Mancini, pelatih Timnas Italia. Mantan juru taktik Inter Milan dan Manchester City itu dinilainya sangat baik dalam membangun skuadnya.

‘’Pelatih adalah kekuatan grup kami. Kami semua saling mencintai. Pelatih membawa antusiasme yang besar, dan kami harus memberinya pujian,’’ paparnya.

Federico memulai karier yuniornya bersama Settignanese dan Fiorentina. Dia membela skuad senior Fiorentina mulai 2016.

Namun, sejak tahun lalu dia memperkuat Juventus dengan status pinjaman. Namanya semakin dikenal begitu hengkang ke Turin.

Chiesa kali pertama membela Gli Azzurri pada 2018. Kini, dia punya 31 caps dan mencetak tiga gol.(HS)

Share This

Cegah Peredaran Kartu SIM Ilegal, Kominfo Larang Penjualan Kartu Aktif

Mesin Serupa tapi Suzuki Lebih Agresif