in

Dari 19 Kursi di DPRD Kota Semarang, Hanya 17 Caleg Incumbent PDI Perjuangan yang Maju Lagi Pileg 2024

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi memimpin long march kirab budaya sebelum menyerahkan berkas Bacaleg PDI Perjuangan ke kantor KPU Kota Semarang, Kamis (11/5/2023).

HALO SEMARANG – DPC PDI Perjuangan Kota Semarang resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) di Kantor KPU Kota Semarang, Kamis (11/5/2023). Sebanyak 50 bacaleg PDI Perjuangan telah disiapkan untuk perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024.

Ketua DPC PDI P Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjelaskan, ada 50 bakal calon legislatif yang disiapkan yang didaftarkan pada Kamis (11/5/2023) di kantor KPU Kota Semarang. Dari 50 bacaleg, komposisinya ada yang incumbent dan yang bukan incumbent. Dan ada 40 persen untuk kuota keterwakilan perempuan.

“Ada juga dari kalangan milenial usianya termuda yaitu 23 tahun. Karena untuk menjaring suara milenial yang juga mayoritas menjadi pemilih dalam Pemilu 2024 mendatang,” terangnya, usai mendaftarkan bacaleg PDI Perjuangan di Kantor KPU Kota Semarang.

Dijelaskan, Hendi, sapaan akrabnya, sebanyak 50 bacaleg PDI Perjuangan yang didaftarkan ini, menyesuaikan jumlah kursi di DPRD Kota Semarang sebanyak 50 kursi. “Jadi kita siapkan sebanyak 50 bacaleg dari PDI Perjuangan. Sesuai aturan, ada kuota untuk keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, bahkan kuota keterwakilan perempuan kita berikan 40 persen, dan ini sangat memenuhi kriteria pengesahan dokumen bacaleg,” imbuhnya.

Hendi berharap, semua bacaleg nantinya turun langsung ke masyarakat. “Mereka harus turun ke bawah, berkomunukasi dengan masyarakat, untuk menyerap aspirasi. Karena dewan mewakili masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat bisa digolkan lewat eksekutif,” katanya.

Hendi menambahkan, saat ini perolehan kursi di DPRD Kota Semarang ada 19 kursi. “Targetnya dalam Pemilu 2024 menang spektakuler, kalau kepengin menangnya lebih dari tahun 2019 lalu. Dari 19 itu, ada 17 yang maju lagi atau incumbent. Sedangkan dua lainnya, masing-masing maju ke tingkat provinsi dan ada yang menyatakan tidak akan maju kembali sebagai legilatif,” pungkasnya.

Dua nama incumbent dari Fraksi PDI Perjuangan yang tidak maju lagi sebagai caleg DPRD Kota Semarang yaitu Supriyadi (maju sebagai bakal calon legislatif DPRD Jateng) dan Novi Sukmawati Ayuningrum (Komisi A DPRD Kota Semarang).

Sementara Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, sebelumnya KPU telah menerima pendaftaran bakal calon legislatif dari partai Nasdem dan PKS. Dan PDI Perjuangan merupakan partai ketiga yang mendaftarkan bacalegnya.

“Berkas bacaleg yang didaftarkan hari ini kami terima, tahapan selanjutnya adalah keabsahan dan melengkapi berkas setelah pemeriksaan berkas calon setelah 15 Mei mendatang. Yaitu tahap verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon, misalnya jika ada perbaikan atau melengkapi persyaratan yang sah. Seperti melengkapi syarat yang sah, seperti ijazah. Lalu melengkapi surat pengunduran diri bagi calon yang berkaitan dengan hal-hal dilarang dalam PKPU nomor 10 tahun 2023,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, tahapan berikutnya penyusunan dan penetapan dan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) termasuk verifikasi perbaikan jika nantinya ada pergantian DCS. Sedangkan untuk Daftar Calon Tetap (DCT) yang sudah ditetapkan akan diumumkan oleh KPU pada 4 November mendatang.(HS)

Pegadaian Kanwil XI Semarang Serahkan Bantuan Renovasi Pos Presisi Sat Samapta Polres Wonogiri

Presiden Jokowi Ungkap Tiga Kesimpulan KTT Ke-42 ASEAN