in ,

Dapat Restu dari Soemarmo, Juan Rama Optimis Maju di Pilkada Kota Semarang

Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Semarang, Juan Rama saat mengembalikan formulir pendaftaran, Kamis (13/6/2024).

HALO SEMARANG – Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Semarang, Juan Rama optimis maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kota Semarang. Juan kini telah mendapatkan restu dari sang ayah yang juga mantan Wali Kota Semarang, Soemarmo HS.

Juan Rama bersama keluarganya kemudian datang ke Kantor DPC PKB Kota Semarang untuk mengembalikan formulir pendaftaran, Kamis (13/6/2024).

“Memang awalnya bapak ingin maju tapi kita telah rapatkan barisan di keluarga besar kami, akhirnya diputuskan, bahwa saya maju sebagai balon (bakal calon) wakil wali kota Semarang di Pilkada 2024,” ujarnya.

Sebelum mengembalikan formulir, Rama mengaku mendapatkan wejangan dari kedua orangtuanya. Bahkan pesan yang diberikan sejak dirinya maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

“Pesan bapak itu yang pertama harus diniatkan ibadah, amanah, dan bisa menjaga nama baik keluarga, saat saya menjadi anggota dewan juga seperti itu. Sekarang pun saya juga niatkan ibadah untuk menjadi bakal calon wakil wali kota,” bebernya.

Rama mengatakan sejauh ini ia melihat kepemimpinan kepala daerah sebelumnya memang sudah berjalan dengan cukup baik.

“Tujuannya untuk memberikan yang terbaik bagi warga Semarang, membenahi yang perlu dibenahi dan menambah apa yang kurang sejauh ini. Ini amanah untuk kami,” tuturnya.

Rama yang masih termasuk generasi muda yakin bisa merangkul dan mewakili suara para milenial. Apalagi, saat ini generasi milenial jumlahnya mencapai 65 persen dari total penduduk di Kota Semarang bahkan di Indonesia.

“Saya masih termasuk melenial up, mungkin saya akan bisa mewakili suara mereka,” terangnya.

Disinggung terkait komunikasi dengan partai lain, ia memastikan sesuai dengan arahan partai. Dirinya mengaku telah menjalin komunikasi dengan partai lain dan bakal calon wali kota yang sejauh ini nama-namanya sudah muncul.

Terkait dengan program kerja, Rama mengaku telah menyiapkan berbagai program kerja untuk membangun Kota Semarang. Namun ia mengaku sadar diri, karena mencalonkan sebagai wakil wali kota maka akan tetap mengikuti program yang nantinya akan dijalankan wali kota.

“Kita ikuti wali kota. Tapi nanti saya bisa mengusulkan jika memang ternyata ada program yang bisa dibawa untuk Semarang yang belum masuk dalam program wali kota. Jadi kita sinkronkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ayahanda Juan Rama, Soemarmo HS mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat dirinya mengurungkan niat untuk maju pilkada.

“Keputusan ini memang tidak gampang. Istikharah, saya dan istri memutuskan Mas Rama yang diberi tugas dan amanah dari keluarga untuk beribadah mengemban tugas dari masyarakat Kota Semarang,” ungkapnya.

Sebelum mengantar putranya, dia pun memberikan pesan kepada Juan Rama jika nanti terpilih sebagai wakil wali kota. Dia berpesan agar Juan Rama bisa bekerjasama dengan baik dengan wali kota yang akan datang.

“Jangan ada pemikiran sedikitpun untuk nikung pimpinan. Ikuti aturan UU yang ada karena tugas wakil wali kota itu membantu tugas wali kota yang pokok, disamping ada tugas masalah penegakan peraturan, bencana alam. Yang paling penting nek banter ojo nglancangi, nek landep ojo natoni kepada pimpinan dan masyarakat,” imbuhnya. (HS-06)

Wujudkan Ketahanan Pangan, Sekda Jateng : Butuh Keterlibatan Anak-Anak Muda

Realisasikan Target Zero Stunting, Wali Kota Semarang Minta Penanganan Masif