in

Dapat Curhat Soal Sampah, Wabup Karanganyar Langsung Cek dan Beri Edukasi

Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto bersama DLH, meninjau tempat pembuangan sementara sampah di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengajak warga RW 15 dan RW 16 Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, untuk mengelola sampah, mulai dari pemilahan di tingkat rumah tangga.

Ajakan tersebut disampaikan Wabup, menanggapi keluhan warga di kedua RW tersebut, terkait kondisi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Desa tersebut yang cepat penuh.

Keluhan itu langsung dijawab oleh Wakil Bupati, dengan mengunjungi lokasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar. Di lokasi, Rober menyaksikan langsung kondisi TPS yang sudah tidak mampu lagi menampung tumpukkan sampah.

Melihat itu, dia pun langsung meminta dinas terkait, untuk mengangkut sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Sukosari, Jumantono.

Tak hanya memerintahkan untuk membuat sampah dari TPS di Desa Ngringo, Wabup juga mengajak untuk tuntas dalam mengelola sampah di tingkat rumah tangga.

“Saya mengajak masyarakat untuk sampah tuntas di rumah. Misalnya membedakan sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak. Dengan pemilihan tersebut akan memudahkan pengelola sampah mengaturnya,” paparnya.

Lebih jauh, pihaknya meminta sampah yang mempunyai nilai ekonomis untuk dijual kembali. Hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sudah dilakukan di beberapa desa di Kabupaten Karanganyar.

Sebelumnya, ratusan warga RW 15 dan RW 16 Desa Ngringo, dalam tiga bulan terakhir terganggu oleh sampah yang menumpuk di TPS Desa Ngringo. Ketua RW 16, Desa Ngringo, Joko Suyanto menyebut TPS tersebut sudah tidak mampu menampung sampah dari warga Perumnas Palur.

Karena itulah dia kemudian mengadukan masalah itu ke Wakil Bupati.

“Kami memang mengadu kepada Bapak Wakil Bupati Karanganyar soal TPS yang sudah tidak mampu lagi menampung sampah. Hari demi hari semakin menumpuk sehingga kami meminta Pemkab mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi warga Ngringo tersebut,” kata Joko Suyanto.

Dia meminta agar Pemkab memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Sebab sampah itu jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menganggu, membuat lingkungan tidak nyaman dan tidak sehat. Dia berharap ada truk yang secara teratur membawa sampah dari Ngringo ke TPA Sukosari di Jumantono. (HS-08)

Wabup Karanganyar Minta Masyarakat Makmurkan Masjid Al Munawworoh

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Senin (14/2/2022)