in

Daop 4 Semarang Layani Vaksin Gratis Bagi Masyarakat dan Penumpang KA

Ilustrasi foto: Suasana Stasiun Semarang Tawang. 

HALO SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan kereta api. Di wilayah Daop 4 Semarang, layanan vaksinasi gratis berada di empat lokasi yaitu di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Tegal, Stasiun Cepu dan Klinik Mediska Semarang.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi baik vaksin dosis pertama, dosis kedua maupun vaksin dosis ketiga atau booster dapat dilayani di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Tegal, Stasiun Cepu dan Klinik Mediska Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan hal tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

Sedangkan jam pelayanan lokasi vaksinasi gratis di wilayah Daop 4 Semarang di Stasiun Semarang Tawang, beroperasi tanggal 9 sampai dengan 30 April 2022 dengan jam pelayanan mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB, Stasiun Tegal beroperasi tanggal 5 sampai dengan 30 April 2022 dengan jam pelayanan mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

“Lalu Stasiun Cepu, beroperasi tanggal 7, 13, 18, 23 dan 28 April 2022 dengan jam pelayanan mulai pukul 15.00 sampai dengan 17.00 WIB, dan Klinik Mediska Semarang beroperasi hari Senin sampai dengan Sabtu (hari Minggu dan tanggal merah tutup) dengan jam pelayanan mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB,” terangnya, Selasa (12/4/2022).

Selain itu, KAI Daop 4 Semarang juga masih menyediakan enam stasiun yang melayani Rapid Antigen seharga Rp 35.000 yaitu Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Weleri, Pekalongan, Tegal dan Cepu.

“KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 pada moda transportasi kereta api di tengah meningkatnya minat masyarakat untuk mudik lebaran 1443 H,” katanya.

Adapun persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh dan Lokal terbaru sesuai SE Kemenhub Nomor 39 Tahun 2022. Yaitu syarat naik KA Jarak Jauh adalah sudah vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19, vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam.

Kemudian baru vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam, dan tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.

‘’Serta penumpang dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan,” paparnya.

Sementara, untuk syarat naik KA Lokal dan Aglomerasi, yaitu wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama, tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Selanjutnya penumpang dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. (HS-06)

Dibantu Wabup Kendal, Muhammad Farid Atallah Akhirnya Bisa Berobat di RSUD dr Soewondo

Dishub Jateng Prediksi Jawa Tengah Jadi Tujuan Terbanyak Pemudik saat Lebaran