in

Daftar Parpol Calon Anggota DPRD di KPU Boyolali Bertambah

Sejumlah fungsionaris DPC Partai Demokrat Boyolali, mendaftar bakal calon legeslatif Boyolali di KPU. Jumat (12/05/2023). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, hingga kemarin sudah menerima dokumen pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilihan umum 2024, dari lima partai politik (parpol).

Lima parpol tersebut, masing-masing adalah PKS, PDIP, Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Sampai hari ini sudah ada 5 parpol yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU. Berkas-berkas sudah kami terima. Sebagian parpol belum mendaftarkan dan kami sudah berkoordinasi dengan parpol, untuk memaksimalkan waktu yang tersisa ini,” kata Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin,  seperti dirilis boyolali.go.id, Jumat (12/05/2023).

Ali menjelaskan, dokumen pendaftaran bakal calon anggota DPRD, diunggah melalui aplikasi sistem informasi pencalonan (SILON), di mana pendaftar harus mendapatkan persetujuan dari pengurus pusat partai masing-masing, yakni ketua atau sekretaris Jenderal.

Menurutnya, aplikasi tersebut sangat membantu kelancaran proses pendaftaran bakal calon anggota DPRD.

“Ini sebenarnya lebih mempermudah proses dan sejauh ini bisa berjalan lebih baik, yang belum mengajukan dokumen bakal calon legislatif itu bisa lebih awal menyampaikan kepada kami,”katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat, Dwi Purwanto, mengatakan pihaknya mendaftarkan sebanyak 50 bakal calon legislatif ke KPU, kemudian 25 hingga 30 persennya dari kalangan anak muda atau kaum milenial.

“Kita melihat potensi pemilih milenial ini menjadi sasaran kami. Ketua Umum Partai Demokrat AHY pernah mengatakan kepada kita, bahwa anak muda adalah kekuatan, karena anak muda menjadi tulang punggung untuk kemajuan negara,” ujarnya.

Dikatakan Purwanto, setelah melakukan pendaftaran di KPU, Partai Demokrat akan melakukan konsolidasi partai baik internal dan eksternal. Ia mengatakan, Partai Demokrat akan mewarnai dalam kancah perpolitikan di kabupaten Boyolali.

“Kita akan menyolidkan pengnurus ke partaian. Jadi habis pendaftaran ini kami akan melakukan konsolidasi partai. Tingkat ranting, juga sudah terbentuk. Jadi target kami perdapil satu kursi,”jelas dia.

Sementara Partai Amanat Nasional tiba di KPU sekitar pukul 15.00 WIB dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 500 meter dengan diiringi kesenian tradisional Topeng Ireng.

“Kami akan mengembalikan kejayaan PAN pada masa lalu. Ya, kami mengunakan kesenian tradisional ini sebagai bentuk bahwa PAN cinta kesenian lokal,” kata Ketua PAN Boyolali, Suhedi. (HS-08)

Serunya Lomba Masak Pejabat di Sragen, Ada Kari Ayam WTP hingga Kun Gerit

Majukan Olahraga, Bupati Kebumen Hibahkan Rp 2 Miliar untuk KONI