in

Cuaca Ekstrem Diprediksi Hingga Akhir Februari

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan kedua depan) bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati usai rapat beserta jajarannya di lantai dua Kantor Gubernur Jateng, Kamis (25/2/2021).

 

HALO SEMARANG – Cuaca ekstrem di Jawa Tengah diprediksi masih akan terjadi hingga akhir bulan Februari ini. Namun curah hujan juga masih berlangsung hingga awal bulan April nanti.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati usai bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di lantai dua Kantor Gubernur Jateng, Kamis (25/2/2021).

“Potensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang, dan dapat juga disertai kilat petir terutama untuk hari ini hingga akhir Februari,” kata Rita sapaan akrabnya.

Diprediksi, cuaca ekstrem tersebut mulai hari ini Kamis (25/2/2021) hingga Sabtu (27/2/2021) mendatang. Di mana puncaknya pada tanggal 26 Februari. Kemudian pada tanggal 27-nya diprediksi sudah reda.

Selain itu, pihaknya berpesan untuk tetap waspada terkait potensi hujan lebat yang akan terjadi pada beberapa hari nanti.

“Mohon tetap waspada terkait dengan potensi hujan lebat yang disertai petir yang bisa saja menimbulkan genangan banjir” imbuhnya.

BMKG juga memiliki aplikasi layanan publik mengenai semua informasi mengenai prakiraan cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, tercakup dalam satu aplikasi mobile. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau AppStore.

“Masyarakat dapat install aplikasi BMKG untuk info cuaca, iklim, gempa, dan tsunami,” tutup Rita.

Sementara Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatnya dari BMKG curah hujan masih akan terjadi awal bulan April mendatang.

“Ingat ya, ini sampai April, kira-kira awal April masih akan terus terjadi hujan, jadi semua harus siaga,” kata Ganjar.

Ganjar kembali mengajak masyarakat untuk terus mengakses informasi dari BMKG. Hal ini, lanjutnya, supaya masyarakat dapat siaga menghadapi sebelum terjadi.

“Setiap hari informasi dari BMKG itu penting untuk kita ketahui, minimal masyarakat siaga dulu, selamatkan nyawanya dulu. Sehingga pada daerah yang berpotensi banjir harap selalu siaga,” tambahnya.(HS)

Share This

Wali Kota Tegal Laporkan Wakilnya ke Polda, Ganjar : Hentikan ! Mbok Rembuk Bareng

Diduga Karena Putus Cinta, Seorang Pria Gantung Diri