in

CPNS Pemkot  Pekalongan Diminta Manfaatkan Vaksinasi Covid-19

Petugas kesehatan RSUD Bendang Kota Pekalongan, melayani CPNS yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di rumah sakit itu. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan memfasilitasi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 formasi Pemkot Pekalongan, untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, mulai Kamis (9/9) hingga Kamis (11/9).

Namun pada hari pertama kemarin, dari target 500 peserta pada hari itu, yang datang ke bassement RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk mengikuti vaksinasi hanya tujuh orang.

Koordinator vaksinator RSUD Bendan Kota Pekalongan, dokter Difayana mengatakan kemarin tim vaksinator sudah stanby dari pukul 07.00 hingga 11.00. Namun jumlah peserta yang hadir ternyata tak banyak.

“Para vaksinator akan tetap standby, hingga selesai jam kerja yakni sekitar pukul 14.00,” kata dr Difayana, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Dia mengimbau para CPNS, untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, agar tidak terjadi penumpukan peserta, pada hari terakhir pelaksanaan, yaitu Sabtu (11/9).

Sebelumnya, Kepala BKPPD Kota Pekalongan, Ir Budiyanto MPi Mhum, menjelaskan bahwa fasilitasi vaksin Covid-19 gratis bagi para peserta CPNS 2021, akan digelar selama tiga hari di RSUD Bendan, mulai Kamis (9/9) sampai Sabtu (11/9).

“Peserta CPNS yang akan divaksin semuanya sudah didata dan dijadwalkan setiap harinya berdasarkan nama, sehingga bisa mengikuti vaksin sesuai jadwal dan hari yang sudah ditentukan,” kata Budiyanto.

Budiyanto juga mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), juga membantu para pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021, dengan memfasilitasi pemeriksaan swab antigen gratis.

Fasilitas swab tes gratis ini, diprioritaskan bagi pelamar CASN di lingkungan Pemkot Pekalongan dan ber-KTP Kota Pekalongan. Sementara bagi warga Kota Pekalongan yang tidak melamar Formasi Pemkot Pekalongan, akan menjadi prioritas berikutnya.

“Tes swab antigen ini gratis mulai 20-30 September 2021 untuk pelamar formasi CPNS, dan 6 Oktober untuk pelamar formasi PPPK Non Guru.  Untuk pelaksanaan swab test, peserta bisa datang ke puskesmas yang terdekat dengan domisili mereka, pada jam kerja Senin hingga Sabtu. Adapun untuk Minggu. akan dilayani di PSC Dinas Kesehatan setempat. Peserta cukup membawa syarat  KTP, kartu peserta CASN, bolpoint dan wajib memakai masker. Peserta CASN wajib melakukan swab antigen H-1 pelaksanaan jadwal ujian SKD nya berlangsung,” tutur Budiyanto.

“Untuk jadwal swab antigen dan vaksinasi, sudah kami atur teknisnya agar tidak terjadi kerumunan. Untuk jadwalnya peserta bisa mengakses laman di website http://bkppdpelayananasn.pekalongankota.go.id/,”terangnya.

Lebih lanjut  Budi menjelaskan, jika hasil pemeriksaan swab antigen menunjukkan hasil negatif,pada pelaksanaan SKD wajib membawa bukti hasil swab negatif Covid, sertifikat vaksin,dan surat deklarasi sehat.

“Sementara untuk peserta yang hasil swabnya terkonfirmasi positif, atau tengah menjalani isolasi mandiri dan tidak bisa menjalani vaksinasi karena suatu hal, baik itu sebagai penyintas Covid belum 3 bulan, komorbit, dan sebagainya wajib melaporkan ke panitia melalui helpdesk atau media sosial BKPPD Kota Pekalongan, agar bisa dijadwalkan ulang (reschedule) untuk pelaksanaan tes SKD yang bersangkutan,” kata dia. (HS-08)

Share This

Realisasi Bulan Dana PMI tahun 2021 Lampaui Target

Wujudkan PAUD Berkualitas, Dindik Kota Pekalongan Gelar Bimtek