in

CPNS Dinkominfo Blora Ini Munculkan Inovasi Aplikasi Pendataan Menara Telekomunikasi dan Fiber Optic

Foto : Blorakab.go.id

 

HALO BLORA – Sejumlah pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora (Kominfo) Kabupaten Blora, meminta agar Calon Pegawai Negeri Sipil Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Rezal Perdana Putra SKom, mempertahankan prestasinya, dalam menjalankan tugas sebagai aparatur negara.

Hal ini disampaikan, menyusul masuknya Rezal dalam lima besar terbaik dalam Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kabupaten Blora Angkatan 127 Tahun 2021.

Permintaan dan apresisasi tersebut, antara lain disampaikan Kepala Dinas Kominfo Blora, Drs Sugiyono MSi. “Selamat dan sukses untuk Mas Rezal,” ucap Kepala Dinkominfo Blora, Sugiyono, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Ucapan dan apresiasi juga disampaikan Kepala Bidang Teknologi dan Informasi (TI) Dinkominfo Blora, Ahmad Hudil Khoiri SE MM. “Mas Rezal, ke depan tetap dipertahankan prestasinya dalam aktualisasi harian di kantor dalam rangka mBangun mBlora Sesarengan,” kata Hudil.

Apresiasi senada pula Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (IKP) Dinkominfo Blora, Ignatius Ary Soesanto SSos MSi. “Proficiat Mas Rezal. Semoga bisa menjadi teladan bagi teman-teman yang lain. Tetap semangat,” kata Ary Soesanto.

Sementara itu, Rezal Perdana Putra, menyampaikan rasa syukur, karena sudah selesai melaksanakan tugas Latsar CPNS, 22 Juli 2021 sampai 2 Oktober 2021.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan penghargaan dari Bapak/Ibu semuanya. Alhamdulillah saya mendapatkan peringkat 5 terbaik pada formasi Latsar CPNS Kabupaten Blora Angkatan 127 Tahun 2021,” kata dia, Sabtu (2/10), seperti dirilis Blorakab.go.id.

Sementara itu, Rezal Perdana Putra menjelaskan, dalam laporan akhir aktualisasi habituasi, dirinya mengusung konsep dan paparan tentang optimalisasi pendataan lokasi menara telekomunikasi dan fiber optic, melalui pembuatan sistem aplikasi berbasis web, di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

Dalam abstraksinya, Rezal mengungkap bahwa laporan akhir tersebut disusun dalam rangka Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Blora Tahun 2021.

Pelatihan dasar ini bertumpu pada aktualisasi nilai-nilai dasar PNS, serta implementasi kedudukan dan peran PNS dalam menyelesaikan isu prioritas yang terdapat di Instansi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

Prioritas diambil dari enam isu yang telah dianalisis menggunakan metode APKL dan USG, sehingga diperoleh isu utama yaitu belum optimalnya pendataan mengenai lokasi menara telekomunikasi dan fiber optic.

Berdasarkan isu yang diambil, Rezal merumuskan enam kegiatan untuk menyelesaikan isu tersebut. Masing-masing adalah berkoordinasi dengan mentor, mengenai kegiatan awal pelaksanaan aktualisasi. Kemudian mempelajari data serta referensi inventarisasi lokasi menara telekomunikasi dan fiber optic.

Selanjutnya adalah melakukan review terhadap referensi inventarisasi lokasi menara telekomunikasi dan fiber optic dan menganalisis serta merancang sistem aplikasi pendataan menara telekomunikasi dan fiber optic.

Proses itu kemudian dilanjutkan dengan implementasi sistem aplikasi pendataan, serta melakukan test simulasi sistem aplikasi tersebut.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut telah dilaksanakan mulai 23 Agustus hingga 25 September 2021, dengan menerapkan nilai-nilai akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan antikorupsi (Aneka), serta mengimplementasikan manajemen ASN, pelayanan publik, dan whole of government.

Kegiatan aktualisasi dan habituasi memperoleh capaian sebesar 100%, karena hasil dari setiap kegiatan menunjukkan output yang diinginkan. Dengan demikian, Optimalisasi Pendataan Lokasi Menara Telekomunikasi dan Fiber Optic Melalui Pembuatan Sistem Aplikasi Berbasis Web, di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora, mendapatkan hasil yang diinginkan.

Aplikasi tersebut juga memberikan manfaat, yaitu sebagai inovasi digital dalam melakukan inventarisasi data menara telekomunikasi dan fiber optic yang lebih efektif.

“Kata Kuncinya. Sistem Informasi Aplikasi, Website, Menara Telekomunikasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, Rezal mendapatkan peringkat 5 terbaik dari 40 orang peserta Latsar CPNS Gol III Angkatan 127 kabupaten Blora Tahun 2021.

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau disingkat Latsar CPNS atau cukup disebut Latsar adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). (HS-08).

Share This

Tanam Sejuta Mangrove di Pesisir, Polda Jateng Akan Mageri Segoro

Batik Tak Boleh Mati, Wali Kota Solo: Giliran Anak Muda Melestarikan