Covid-19 Masih Menyebar di Kabupaten Magelang, Tempat Hiburan Tutup, Warga Lebih Baik di Rumah

Konferensi Pers di Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang. (Foto : Magelangkan.go.id)

 

HALO MAGELANG – Warga Kabupaten Magelang disarankan untuk tidak bepergian dan membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan, ketika merayakan pergantian tahun. Tempat-tempat hiburan, seperti karaoke di kota ini pun masih belum diizinkan beroperasi, lantaran penyebaran Covid-19 yang masih tinggi.

Belum adanya tempat hiburan yang boleh beroperasi tersebut, juga disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, dalam Konferensi Pers di Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang, beberapa waktu lalu.

“Sudah diklasifikasi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, beberapa kegiatan usaha di bidang hiburan, seperti karaoke itu belum bisa dizinkan. Sampai hari ini tidak ada tempat karaoke yang diberikan izin di masa pandemi ini,” kata dia.

Selain karaoke, Nanda menyebutkan ada tempat hiburan lain yang belum diizinkan untuk beroperasi di tengah masa pandemi, termasuk kolam renang (wisata air), bioskop, play ground untuk anak-anak, dan spa.

Menurut Nanda, memang pernah ada wacana untuk memberikan izin bioskop beroperasi kembali. Tetapi karena angka penyebaran Covid-19 masih tinggi, pemberian izin tersebut ditunda.

“Ternyata di bulan Desember ini penambahan Covid-19 di Kabupaten Magelang masih cukup tinggi, sehingga dipertimbangkan untuk tidak diberikan izin terlebih dahulu,” katanya.

Kasubbag Humas Polres Magelang, Iptu Tohir menambahkan, Polres Magelang telah menyusun rencana pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020-2021, termasuk melakukan giat operasi gabungan (Yustisi) untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang.

“Operasi ini akan berbarengan dengan Operasi Lilin Candi 2020 yang dilaksanakan tanggal 21 Desember sampai dengan 4 Januari 2021. 221 personel telah disiapkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru,” jelas Iptu Tohir.

Dia mengatakan, Polri bukan hanya akan mengantisipasi aksi terorisme, tindak kriminal pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan, tetapi juga bencana alam, dan kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas).

Karena itu Polres Magelang bersama instansi terkait, juga akan gencar operasi yustisi untuk menekan penyebaran Covid-19. Operasi akan dilakukan di berbagai tempat, termasuk lokasi-lokasi wisata, angkutan umum, dan pusat-pusat keramaian.

Dalam operasi itu, aparat akan meminta warga agar tetap disiplin mengenakan masker dan tidak berkerumun.

“Ini akan menjadi satu kesatuan dalam operasi lilin yang pada dasarnya satu tujuan untuk menekan dan mencegah adanya kerumunan guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.