in

Ciptakan ASN Kompeten, Cilacap Implementasi Sistem Merit

Pelaksanaan Workshop Implementasi Sistem Merit di Hotel Atrium, Jumat (5/5/2023). (Foto : cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemerintah Kabupaten Cilacap, menggelar Workshop Implementasi Sistem Merit, bagi aparatur sipil negara (ASN), di Hotel Atrium, Jumat (5/5/2023).

Workshop digelar untuk mewujudkan ASN yang berkompeten, profesional, dan kompetitif, serta menciptakan manajemen ASN yang adil dan professional.

Penjabat Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar, dalam sambutannya saat membuka acara, mengatakan workshop ini merupakan strategi khusus, dalam upaya peningkatan nilai penerapan sistem merit, yang didapatkan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Melalui acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada para peserta mengenai implementasi sistem merit agar dapat meningkatkan dan memperkuat hasil penilaian sistem merit pada lingkup Pemerintah Kabupaten Cilacap. Belajar yang betul, ambil ilmunya supaya paham perihal sistem merit ini,” kata dia, seperti dirilis cilacapkab.go.id.

Dia menjelaskan, pada Pasal 1 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Sistem Merit merupakan kebijakan dan Manajemen ASN, yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar, dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

Sehingga, dalam sistem ini dimungkinkan pola tatanan pemerintahan yang lebih adil dan professional.

Selain itu juga menjadi harapan baru bagi pelaksanaan manajemen ASN, dalam menciptakan ASN yang berkompeten, profesional, dan kompetitif.

Sementara menurut Asisten Administrasi Umum Sekda Cilacap, Sumbowo, salah satu cara meningkatkan pelayanan kepada masyarakat diawali dengan penataran manajemen sumber daya manusia yang baik.

“Cilacap sudah cukup baik, tapi perlu ditingkatkan menjadi lebih baik dan menuju sangat baik. Dan dengan hadirnya bapak-bapak narasumber dari KASN akan memberikan pencerahan kepada kita bagaimana manajemen ASN di Kabupaten Cilacap ini bisa ditingkatkan,” kata Sumbowo.

Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap, Budi Santosa, mengatakan saat ini Penjabat Bupati Cilacap sangat mendukung pembenahan di berbagai lini di Kabupaten Cilacap, termasuk peningkatan sumber daya manusia aparatur di Kabupaten Cilacap.

“Dengan berbagai dinamikanya, kami sedang berbenah dan sangat beruntung mendapatkan support dari Bu Pj. Itu adalah modal yang sangat luar biasa bagi kami. Insya Allah dengan support ini dan didorong dengan sedemikian rupa, sumber daya manusia yang baik bisa terwujud,” kata dia.

Hadir sebagai narasumber, Asisten KASN Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I, Iwan Agustiawan Fuad dan Sumardi yang menjabat sebagai Asisten KASN Pokja Pengawasan Bidang Pengisian JPT Wilayah I. (HS-08)

Darurat LSD, Pemkab Kebumen Gencarkan Pengobatan Massal

Ganjar Bakar Semangat Ribuan Kader PDIP Jatim: Waktu Tinggal Sedikit, Mari Kita Panaskan