in

Cinadong, Dulunya Lahan Bengkok Tak Terawat yang Kini Jadi Wisata Pemancingan

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki saat menyantap hidangan seafood di Pondok Pemancingan Cinadong, di Desa Purwokerto, Brangsong, Kamis (8/7/2021).

 

HALO KENDAL – Sebagian tanah desa bisa disulap untuk mengembangkan wisata pertanian. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya masyarakat desa dan memanfaatkan sumber daya alam yang terkandung di desa itu.

Seperti yang dilakukan Kepala Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong, Prasetyo, ia menyulap tanah pertanian seluas 1,5 hektare yang terkena abrasi menjadi tempat wisata dan pemancingan.

“Ya, kami memanfaatkan tanah bengkok untuk kepala desa seluas 1,5 hektare, guna diperuntukkan untuk pemancingan. Alhamdulillah ini bisa memberdayakan masyarakat desa kami,” terangnya kepada halosemarang.id, Kamis (8/7/2021).

Selain pemancingan yang ia namai Cinadong, Prasetyo juga membuat pondok makan dengan beraneka menu olahan makanan laut (seafood) yang siap memanjakan lidah pengunjung.

Dijelaskan, nama Cinadong mempunyai arti meminta atau memohon kepada Yang Maha Kuasa, agar usaha yang dijalani ini membawa berkah.

“Di pondok makan kami menyediakan menu kepiting bakar, ikan bandeng goreng dan bakar, ikan nila juga goreng maupun bakar dan masakan seafood lainnya. Selain itu juga ada rica-rica bebek, mentog maupun ayam sebagai menu tambahan,” ujar Prasetyo.

Pemancingan dan pondok makan Cinadong berada di pinggi aliran irigasi sepanjang 600 meter yang dulunya tak terawat. Namun setelah kanan dan kiri sungai ditanami pohon trembesi, tempat tersebut menjadi teduh dan rindang. Saat ini pengunjungnya pun banyak. Ada yang sekadar memancing, atau datang bersama keluarga untuk menyantap menu yang disajikan di warungnya.

“Awalnya tidak ada yang mengenal kawasan sungai Bladon ini, namun kini wisata alam yang berada di Dusun Krayapan Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong Kendal, selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan dari luar kota,” kata Prasetyo.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat berada di lokasi mengaku senang dan puas berada dengan hidangan yang disediakan di pondok makan Cinadong.

Wabup yang sedang mengadakan pertemuan rangka sosialisasi bersama Kepala Desa se-Kecamatan Brangsong pun tak henti-hentinya memuji masakan seafood di pondok tersebut.

“Saya senang masakan seafood. Dan ini pemasak ikannya pintar. Bumbunya meresap, dan hasil goreng ikannya bisa garing tapi tidak gosong. Susah loh memasak bandeng sampai seperti ini,” ungkap Pakde Bas sapaan akrabnya.(HS).

Share This

Presiden Jokowi Lepas Tim Indonesia ke Olimpiade Tokyo 2021

BOR RS Tinggi, Ini Catatan Ganjar Untuk Pemkab Banjarnegara