in

Chef Otong, Tak Pernah Membayangkan Jadi Chef Hotel Bintang Lima

Otong Arif Solehudin.

 

OTONG Arif Solehudin, pria kelahiran Bandung, 25 Mei ini tidak membayangkan bisa meniti kesukseskan karir sebagai Chef di berbagai hotel bintang 5 ternama di Indonesia. Mengawali pendidikan di Sekolah Pariwisata Bandung jurusan Tata Boga (Culinary), dirinya mantap untuk melanjutkan karirnya sebagai koki.

Karir pertamanya diawali di salah satu hotel berbintang dan bergengsi di Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Saat itu, setelah lulus pendidikan, dirinya sangat menikmati pekerjaannya hingga berkesempatan menantang diri sendiri untuk bekerja di luar negeri.

Kemudian sampailah ia di hotel ternama dan berbintang Negara Saudi Arabia. Pada tahun 2003, pria yang gemar bermain tennis ini kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya di berbagai hotel di Jakarta.

Salah satu pengalaman yang ia kenang selama berkarir di bidang kuliner yaitu memenangkan Lomba Salon Kuliner pada tahun 1999 dan menerima penghargaan langsung dari Menteri Pariwisata yang menjabat di tahun itu, Bapak Marzuki Usman.

Saat ini Otong, begitu ia kerap disapa, menjabat sebagai Executive Chef di Hotel Ciputra Semarang. Salah satu hotel bintang lima yang terkenal di Kota Semarang.

Semarang merupakan daerah baru dalam kehidupan dan karirnya. Kota ini telah memikat dirinya dengan berbagai macam destinasi wisata dan masakan khasnya. Sayangnya, pandemi Covid-19 harus dirasakan dampaknya ketika ia menginjakkan kaki di kota ini.

“Saya tertantang sekali dengan keadaan pandemi ini. Apalagi saya harus tetap menjadikan image Hotel Ciputra Semarang yang telah memiliki pelanggan tetap dan punya selera masing-masing menu favorit,” katanya, Senin (5/7/2021).

“Saya harus tetap terus mewujudkan apa saja yang customer inginkan. Keadaan ini juga harus saya sesuaikan untuk kebutuhan bisnis, di mana Hotel Ciputra Semarang sendiri adalah salah satu hotel sibuk, yang okupansi hunian baik, maupun intensitas diadakannya acara atau pertemuan. Di samping harus mendongkrak pemasukan hotel dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang diterima pasar,” terangnya.

Chef yang kuat pada masakan internasional ini memiliki cita-cita bisa memperkenalkan masakan internasional di kalangan masyarakat khususnya Kota Semarang.

“Hotel Ciputra Semarang sendiri kita kenal adalah hotel dengan jaringan internasional di bawah naungan Grup Ciputra dan Swiss-Belhotel International, saya ingin selain masakan khas Indonesia, masakan internasional juga saya kenalkan di kota lunpia ini. Harapannya masyarakat bisa mencicipi masakan internasional dengan pengalaman rasa yang berbeda,” pungkasnya.(HS)

Share This

Dilaporkan Tenggelam, Penjual Jamu Ditemukan Meninggal Di Sungai Lembarawa Brebes

Afterbreak: ‘Lobster untuk Semua’ Hadir di Kota Semarang