Chacha: Turunkan Angka Stunting di Kendal Akan Jadi Target Kami

Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica atau Chacha, istri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

 

HALO KENDAL – Meningkatnya angka stunting sebesar tiga persen di Kabupaten Kendal, menjadi perhatian serius Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica Dico atau yang akrab disapa Chacha.

Hal itu disampaikannya saat ditemui dalam peninjauan vaksinasi bagi lansia di Karangsari, Kota Kendal, Kamis (11/3/2021).

Menurut istri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto itu, masalah stunting harus dituntaskan. Ia pun mengaku serius akan melakukan pencegahan dan penanganan terhadap meningkatnya jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Dikatakan, banyaknya angka melahirkan di luar nikah, juga menjadi salah satu penyebab naiknya kasus stunting.

“Melonjaknya angka stunting tidak hanya terjadi di Kendal saja, namun juga terjadi di berbagai wilayah di tanah air. Hal ini, maaf loh ya, salah satunya dipicu dengan banyaknya jumlah ibu melahirkan yang tidak dikehendaki,” ungkapnya kepada halosemarang.id.

Sehingga, lanjut Chacha, beberapa bayi yang lahir tidak diinginkan tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup dari sang ibu. Karena malu, saat mengandung sang ibu berusaha menutup-nutupi kehamilan dari orang tua dan keluarga.

“Jadi boro-boro dia mau belajar bagaimana makan yang baik demi tumbuh kembang janin dan agar bisa lahir dengan normal. Orang tuanya saja kaget karena tiba-tiba melahirkan, karena dari awal ditutup-tutupi,” imbuhnya.

Dikatakan, selain itu, akibat pandemi banyak orang tua yang lali dalam mengawasi atau mengontrol anak-anaknya.

“Anaknya pergi ke mana dan dengan siapa, orang tua kurang mengontrol. Sehingga terjadi perbuatan sesuatu,” ujar Chacha.

Presenter salah satu acara di TV Swasta itupun mengaku, sebagai Ketua TP PKK Kendal, dirinya akan mencegah terjadinya hal tersebut dan untuk menekan jumlah stunting.

Yakni dengan memberikan penyuluhan ke desa-desa dengan menggandeng anak muda, untuk menjadi duta maupun relawan.

“Kita akan ajak anak-anak muda yang menjadi kembang desa di kampungnya untuk memberikan masukan pada anak-anak seusianya bahwa, saat pandemi harus banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang positif,” tutunya.

Selain itu, Chacha juga akan melakukan upaya penanganan dengan mengecek kondisi vitamin D pada ibu yang mengandung.

Hal ini akan dilakukan dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Kendal dan tenaga medis, dengan terlebih dahulu dilakukan pendataan.

“Mungkin untuk pelaksanaannya tidak dilakukan secara menyeluruh, tapi secara random,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.