Chacha Resmi Jabat Ketua Dekranasda Kendal Periode 2021-2026

Acara sertijab Ketua Dekranasda Kendal, yang digelar di Gedung Abdi Praja Kabupaten Kendal, Rabu (3/3/2021).

 

HALO KENDAL – Selain menjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica Dico atau yang akrab disapa Chacha Frederica, istri Bupati Kendal Dico M Ganinduto, kini juga resmi menjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kendal Masa Jabatan 2021-2026.

Hal itu ditetapkan usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Dekranasda Kendal dari Idda Kusumadewi kepadanya yang digelar di Gedung Abdi Praja Kabupaten Kendal, Rabu (3/3/2021).

Acara dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico Ganinduto, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kendal, Kun Cahyadi, Plt Kepala Dinas Perdagangan Alfabian Yulando, Kepala Dinas Pendidikan, Wahyu Yusuf Ahmadi, Kepala DPMPTSP Anang Widiasmoro, Perwakilan Dinas Perikanan dan Pariwisata Kendal, serta para anggota Dekranasda Kabupaten Kendal.

- Advertisement -

Ketua Dekranasda Kendal, Wynne Frederica dalam sambutannya mengungkapkan, masih banyak hal yang perlu disusun dan dipersiapkan oleh dirinya. Yang pertama adalah harus datang ke desa dan kelurahan yang memang memiliki potensi kerajian.

“Jadwal saya yang pertama adalah datang ke desa-desa dan kelurahan untuk bertemu dengan pengrajin, dan melihat secara langsung kualitas produknya seperti apa,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Chaca, dirinya bisa mengetahui, bagian mana yang akan dilakukan pendampingan. Apakah itu dibagian promosi, bagian marketing, atau di bagian entrepreneurship.

“Kita akui, di masa pandemi ini memang agak sulit untuk menjual hasil produksi. Namun kita harus besar diri, bahwa kita mampu dan bisa. Hal itu memang butuh penyuluhan-penyuluhan, yang insya- Allah itulah yang akan kita lakukan,” imbuhnya.

Chacha juga menyampaikan bahwa kegiatan Dekransda ke depan akan fokus pada beberapa hal, pertama adalah pakaian. Dirinya akan cek bahan apa saja yang ada di Kabupaten Kendal yang bisa digunakan untuk membuat pakaian, seperti hijab, selendang, tas, dan sepatu.

Menurutnya, jika memang diperlukan nantinya akan mengadakan penyuluhan pelatihan bagi pengrajin potensial asal Kendal untuk membuatnya.

“Kedua, adalah makanan, Insya-Allah akan saya coba satu persatu, dan akan dipackaging dengan baik agar dapat berkompetisi dengan makanan-makanan yang sedang hits di media sosial. Insya-Allah pelatihan ini akan berjalan di Kabupaten Kendal, karena saya sendiri punya bisnis kuliner, sehingga harapannya tidak hanya viral saja, tapi juga bisa langgeng,” tambah Ketua Dekranasda.

Sementara itu, Kepala Disperinkop dan UMKM Kendal, Kun Cahyadi menyampaikan, sebagaian dari masyarakat Kendal berprofesi sebagai pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), maka sudah sewajarnya Pemerintah Daerah memberikan porsi buat para pelaku IKM maupun UKM untuk lebih berkembang.

“Kami akan selalu siap mendukung apa yang sudah menjadi program Ketua Dekranasda Kabupaten Kendal,” kata Kun Cahyadi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Alfebian Yulando dalam laporannya menjelaskan, pada acara Sertijab Dekeranasda ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan.

“Setelah Sertijab Ketua Dekeranasda masa jabatan tahun 2021-2026 akan dilanjutkan video telekonferensi dengan Ketua Umum Dekranas Hj Wuri Ma’ruf Amin, kemudian pembentukan kepengurusan baru,” ujarnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.