in

Chacha Dikukuhkan Menjadi Bunda PAUD Kabupaten Kendal 2021-2023

Pengukuhan Chacha Frederica menjadi Bunda Paud oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di Pendopo Tumengung Bahurekso Kendal, Sabtu (2/10/2021).

 

HALO KENDAL – Istri Bupati Kendal, Wynne Frederica dikukuhkan menjadi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kendal, periode 2021-2023, dalam acara pengukuhan di Pendopo Tumengung Bahurekso Kendal, Sabtu (2/10/2021).

Wynne Frederica yang juga seorang artis dengan sapaan akrab Chacha Frederica tersebut juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal. Pengukuhannya dilakukan langsung oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Usai dikukuhkan, pada acara itu juga Wynne Frederica mengukuhkan Bunda PAUD tingkat kecamatan, kelurahan, dan Buda Paud tingkat Desa se-Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya Chacha mengatakan, Bunda Paud harus memiliki peran. Pertama berpartisipasi dan berperan serta mendorong dan mendukung pembinaan masyarakat, dan pengembangan layanan Paud berkualitas.

“Kedua, memberikan motivasi kepada penyelenggara, serta guru dan tenaga pendidikan dalam penyelenggaraan layanan kepada pengelola Paud yang berkualitas,” kata Chacha.

Ketiga, mengoptimalkan sumber dana yang ada untuk mendukung layanan pengelolaan PAUD yang berkualitas melalui sumber dana APBN, APBD, Dana Desa dan sumber-sumber yang lain yang ada di masyarakat.

“Kemudian yang keempat adalah memberikan saran, masukan, dan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah untuk mendukung pelayanan PAUD yang berkualitas,” papar Chacha.

Dirinya berharap kepada para Bunda PAUD yang sudah dikukuhkan, agar selalu memotivasi masyarakat dan pejabat pemangku kepentingan di tingkat kecamatan, kelurahan, ataupun di desa akan pentingnya pendidikan pada anak usia dini.

“Selain itu juga mewujudkan PAUD yang berkualitas dengan layanan integratif dan membentuk kelompok yang handal,” tanndas Chacha.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengucapkan selamat dan sukses kepada Ibu-Ibu yang baru saja dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kendal, Kecamatan dan Desa.

“Semoga amanah dapat dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab, untuk lebih meningkatkan peran masyarakat dalam peningkatan partisipasi proses pembelajaran pendidikan anak usia dini,” ungkapnya.

Menurut Bupati, tanggung jawab pengelolaan PAUD tidak hanya satu instansi saja, tetapi merupakan kolaborasi antarberbagai instansi dan masyarakat.

Dikatakan, saat ini, angka partisipasi pendidikan anak usia dini sangat rendah. Apalagi hampir dua tahun terakhir ini akibat pendemi Covid-19, di mana tidak ada lagi proses pembelajaran tatap muka.

“Untuk itu peran kita bersama sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, diharapkan Bunda-Bunda PAUD untuk dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini pra-sekolah, seperti apa yang diharapkan dalam visi misi pembangunan Kabupaten Kendal Tahun 2021-2026,” ujar Dico.

Bupati juga menuturkan, bahwa pendidikan ini adalah garda terdepan, untuk itu dimulai dari tingkat pendidikan yang paling dasar.

“Kita sadari bersama bahwa keberadaan PAUD sangat penting dan strategis dalam membina tumbuh-kembang anak secara optimal,” imbuh Dico.

Dirinya meyakini, semua yang hadir, tentu mempunyai kemauan yang sama serta mempunyai kepedulian yang besar terhadap pendidikan anak usia dini, yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

“Agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut dan kita bisa mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik,” pungkas Dico.(HS)

Share This

PS Sleman, Kegaduhan dan Kesempatan Dejan Antonic

Dorong Kinerja, Bank Mandiri Lanjutkan Transformasi Digital di Ulang Tahun ke-23