in

Cetak Kader Yang Tangguh, Banser Gelar Diklatsar di Gemuh

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat meninjau peserta Diklatsar Banser ke-19 di Gemuh, Sabtu (18/9/2021).

 

HALO KENDAL – Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser ke-19, diharapkan dapat membentuk kader-kader Banser yang tangguh dan siap ditempatkan di berbagai sektor.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saar berkesempatan menjadi nara sumber Diklatsar Banser PAC GP Ansor Kecamatan Gemuh di Lapangan TPQ NU 17 Nurul Athfal Desa Sojomerto, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut Bupati Kendal meminta kepada para Anggota Banser yang mengikuti pelatihan, untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi dan mampu memanfaatkannya.

“Banser merupakan para pemuda yang tangguh, yang bisa memiliki banyak jaringan dan harus mampu menguasai perkembangan teknologi 4.0. Selain itu, Banser harus bisa mengikuti perkembangan zaman, tentunya ciptakan sebuah lapangan pekerjaan,” ungkap Dico.

Dirinya menambahkan, Banser bisa juga dilibatkan dalam kegiatan pemerintah. Mengingat saat ini pemerintah fokus dalam melakukan pengembangan UMKM dan Pariwisata.

“Setidaknya Banser mampu membantu dalam mengembangkan sektor UMKM,” imbuh Dico.

Bupati berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti pelatihan dengan penuh disiplin memiliki motivasi tinggi dan bersemangat untuk memahami, dan mendalami materi diklat, dan perbanyak kegiatan pemecahan masalah melalui diskusi antar-peserta diklat.

“Dengan demikian akan lebih memperluas dan memperdalam hasil pembelajaran,” tukas Dico.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbachul Munir mengatakan, adapun tema pada Diklatsar adalah “Peran Ansor dalam Membangun Kabupaten Kendal”.

Hal ini menurut Gus Misbach sapaan akrabnya, membantuk pemuda Ansor dan Banser Kendal yang tangguh dan handal. Yang mampu menyesuaikan diri di berbagai medan, termasuk lingkungan masyarakat.

“Diharapkan, Diklatsar ini harus mampu menjaga muru’ah, jatidiri, harkat martabat Nahdlatul Ulama, penguatan organisasi sesuai fungsi Banser, menjaga ulama-kiai, menjaga akidah AhlussunnahWal Jamaah, dan mempertahankan NKRI,” kata Gus Misbach kepada halosemarang.id, Sabtu (18/9/2021).

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gemuh, Mohammad Saiful Ulum menjelaskan, pada kegiatan Diklatsar Banser diikuti sebanyak 60 orang, dari 17 ranting.

Selama Diklat turut terlibat pula pihak TNI dan Polri, yang akan memberikan pelatihan tambahan baik PBB dan pengetahuan lalu lintas.

“Pelatihan ini diikuti 60 orang. Karena Kecamatan Gemuh cukup luas, jadi kita memiliki cukup banyak ranting. Diklat ini rencananya akan dilakukan selama tiga hari,” ujar Saiful Ulum.(HS)

Share This

Pertandingan 525 FC vs Soerabaya Legend, Upaya KONI Kota Semarang Gelorakan Sport Tourism

Gandeng Kodim, PT PP Urban Plant Semarang-Demak Gelar Bakti Peduli Vaksinasi