in

Cek Persiapan Mudik di Jateng, Kapolri Tekankan Penanganan Kemacetan dan Jalur Alternatif

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Rabu (3/4/2024).

HALO SEMARANG – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit mengecek persiapan mudik di Jawa Tengah, Rabu (3/4/2024). Kapolri tiba di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MenkoPMK Muhadjir Effendi, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Forkopimda Jateng.

Dalam kesempatan itu, Listyo menekankan kepada jajaran Polda Jateng untuk bisa menangani kemacetan dengan baik. Ia juga mendorong untuk jalur alternatif bisa disiapkan dengan aman.

Ia mengaku dari data Kemenhub jika arus mudik-balik Lebaran 2024 di Jawa Tengah akan meningkat. Angka arus mudik akan naik empat persen dan arus balik meningkat 1,4 persen dibanding tahun lalu.

Ia meminta kepada Polda Jateng dan jajaran Polres-Polresta agar bisa mengatensi beberapa hal di samping pengawalan dari pelaksanaan Operasi Ketupat Candi.

“Pertama agar kemacetan bisa diurai baik, sehingga sudah dilaporkan ada penambahan gerbang exit tol dan kemudian sistem pembayaran dengan pelayanan masyarakat menggunakan tiket tol dengan menambah petugas tambahan yang tentu mempercepat mengurai kemacetan,” ujarnya kepada awak media.

“Lalu 11 wilayah banjir yang sudah dilaporkan bisa dicarikan jalur alternatif. Dimohon bisa juga diinformasikan sehingga jalur-jalur alternatif bisa menjadi acuan menghindari cuaca,” lanjutnha.

Perhatian kedua yakni mengenai antisipasi kecelakaan lalu lintas. Ia meminta agar skema-skema dan monitoring di lapangan bisa dijalankan secara maksimal. Selain itu ia meminta kepada pemudik untuk bisa terlibat dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Laka lantas (kecelakaan lalu lintas-red) menjadi perhatian kita. Bisa kembali sampai tujuan, sehingga kita imbau jangan memaksakan ingin cepat sampai tujuan. Kita sudah siapkan ada rest area digunakan untuk istirahat, disiapkan pula jalur exit untuk bisa digunakan. Mengarahkan jalur arteri, karena banyak tempat untuk istirahat. Hindari istirahat di bahu jalan karena bahaya, biasanya berakibat laka lantas,” bebernya.

Selanjutnya ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan hari liburnya untuk mudik lebih awal. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan yang berakibat kemacetan.

“Jangan menunggu hari H kalau kita gunakan one way, namun tentu apabila memilih itu akan sangat padat dan macet. Sehingga kita siapkan mudik gratis silakan menghubungi Kakorlantas atau wilayab Polda atau Kemenhub, BUMN juga ada nanti monhon saling berkomuniasi agar bisa mengurangi kemacetan dan bisa dipilih alternatif seperti kereta api di samping pesawat,” imbuhnya.

Sementara itu, Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto memastikan jika Kodam IV/Diponegoro siap berkolaborasi dengan Polri untuk mengamankan Lebaran. Sebanyak 4.200 personel juga bakal siaga untuk membantu masyarakat yang melakukan mudik.

“Kami juga menyiapkan alat angkut darat laut dan udara apabila dibutuhkn bisa,” imbuhnya.(HS)

Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045, Ini yang Disampaikan Wabup Kendal

Songsong Libur Lebaran 2024, Pantauan di Objek Wisata Ditingkatkan