in

Cek Kesehatan ASN di Karanganyar, Dinkes : 36.5 Persen Berperilaku Sendatary

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberi sambutan dan arahan dalam kegiatan Pembinaan Kesehatan Kerja dan Olahraga, Jumat (5/8/2022). (Foto : karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Dinas Kesehatan Karanganyar, di Alun-alun Jumat (5/8/2022) melaksanakan pengecekan kesehatan bagi aparatur sipil negara (ASN).

Kegiatan pembinaan kesehatan kerja dan olahraga itu, juga dihadiri Bupati Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar, Sekretaris Daerah Karanganyar, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, OPD Kabupaten Karanganyar, dan Forkopimda.

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Purwati mengatakan ada sekitar 36.5 persen ASN, Polri, TNI, pegawai BUMN dan BUMD yang belum benar-benar menerapkan pola hidup sehat.

Mereka masih memiliki kebiasaan sendatary, yang menurut Kemenkes, adalah kegiatan yang mengacu pada segala jenis aktivitas di luar waktu tidur, dengan karakteristik keluaran kalori sangat sedikit.

Akibat kebiasaan semacam itu, mereka mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk di antaranya hipertensi.

“Ini ditunjang dengan data hipertensi mencapai 10,22 persen. Data ini menunjukkan angka paling tinggi dari kelompok pekerja lain. Indikator obesitas sentral yang berhubungan dengan indikator sedentary, menunjukkan angka 48,5 persen. Hal ini menunjukkan faktor risiko yang harus segera diintervensi,” kata Purwati, seperti dirilis karanganyarkab.go.id.

Sementara itu dalam kegiatan bagi ASN ini, dimulai dengan beberapa tes untuk mengetahui keadaan tubuh mereka.

Tes-tes yang dilakukan antara lain pengukuran tinggi badan, pengecekan nadi, dan tensi darah, serta pengecekan lainnya.

Berikutnya, dilakukan peregangan sebelum memulai lari-lari kecil memutari alun-alun sebanyak tiga kali. Setelah itu, dilakukan pengecekan nadi kembali untuk mengetahui angka kebugaran para aparatur.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapkan bahwa bugar dan sehat adalah hal yang penting. Dia berharap semoga semua ASN selalu sehat dan bugar. (HS-08)

PMI Gelar Bulan Dana, Bupati Rembang : Bukan Yayasan Abal-abal

Bupati Minta Dinas Pendidikan Klaten Ajak Siswa Kunjungi Pameran Keliling Museum Ranggawarsita