in

Cegah Surat Perjalanan Dinas Fiktif, Pemkab Brebes Aktifkan Siperdi

Acara sosialisasi aksi perubahan kinerja pelayanan publik di Pemkab Brebes. (Foto : Brebeskab.go.id)

 

HALO BREBES –  Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Brebes, mengembangkan inovasi sistem kepemerintahan berbasis elektronik, yang disebut  aplikasi sistem perjalanan dinas. Dengan sistem tersebut, Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) akan terekam, sehingga dapat mencegah perjalanan dinas fiktif.

Kasubbag Keuangan dan Perlengkapan, Bagian Umum Setda Brebes, Indri Indraswari mengatakan aplikasi Siperdi diluncurkan guna mewujudkan sebuah tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Dengan Siperdi, semua data perjalanan dinas akan tersimpan dengan baik, bahkan SPPD fiktif pun akan terekam,” kata Indri, seperti dirilis Brebeskab.go.id.

Menurut Indri, yang juga penggagas aplikasi ini, Siperdi mampu meminimalisasi tumpang tindih data, karena dapat menyimpan data perjalanan dinas yang sudah dilaksanakan, sehingga memudahkan dalam mencarinya.

“Aplikasi ini, juga dapat mengukur jarak dan waktu, serta melakukan efisiensi anggaran, terutama belanja pakai habis. Selain itu juga mengurangi kesalahan pengetikan dan penggunaan kertas,” kata dia.

Asisten Administrasi Sekda Brebes, Yuta Sugihyarti mengapresiasi inovasi tersebut. Menurut dia, ini merupakan wujud pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dalam administrasi pemerintahan. Dalam zaman di mana teknologi informasi digunakan, cara kerja, cara belajar, dan cara berbagi informasi sudah berubah.

“Aplikasi ini sangat efektif bila sudah diterapkan, karena apabila ada ASN ditugaskan melakukan perjalanan dinas, dapat melakukan persetujuan atau disposisi kepala dinas dengan cepat, walau sedang tidak berada di tempat kerja,” kata dia.

Menurut Yuta, penyediaan aplikasi Siperdi harus dilakukan untuk mempercepat proses administrasi SPPD, dilakukan secara cepat, tidak berbelit-belit serta tidak mencari-cari pejabat yang bersangkutan dan dapat mengetahui posisi staf yang diajukan secara online.

“Ke depan aplikasi Siperdi dapat diterapkan di semua bagian di lingkungan Setda Brebes, di mana aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan belanja perjalanan dinas,” harapnya.

Sementara itu launching aplikasi Siperdi beberapa waktu lalu, dihadiri kepala bagian dan bendahara pengeluaran pembantu, delapan bagian di lingkungan Setda Brebes. (HS-08)

Share This

Bupati Klaten Minta Rumah Sakit Prioritaskan Pasien Lokal

Brebes Budidayakan Klengkeng New Cristal