in

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Banjarnegara Perketat Pengamanan Objek Wisata

Petugas Polres Banjarnegara memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kepada pengunjung lokasi wisata di Dieng, Banjarnegara, Sabtu (15/5). (Foto :Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Polres Banjarnegara mengerahkan personel hingga di tingkat polsek, untuk menjaga kamtibmas dan mencegah penyebaran Covid-19 di objek-objek wisata.

Kabag Ops Polres Banjarnegara, Kompol Sardoyo SH MH mengatakan sebelum Idulfitri, pengamanan difokuskan di tempat ibadah, pasar, terminal, untuk memperlancar arus lalu lintas, dan memberikan imbaun kepada masyarakat agar tidak mudik.

Adapun mulai H+1 Lebaran, polisi memperketat pengaman di objek pariwisata. “Personel Polres Banjarnegara dan polsek kami libatkan. Yang tidak terjangkau anggota Polres, dilaksanakan Polsek jajaran di masing-masing wilayah yang ada tempat wisata,” kata dia, seperti dirilis Tribratanews.jateng.polri.go.id, Minggu (16/5).

Kompol Sardoyo SH MH memastikan, petugas yang melaksanakan pengamanan, tetap mengacu pada instruksi Mendagri, surat edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah, dan SE Bupati Banjarnegara.

Dalam instruksi Mendagri serta SE Gubernur dan SE Bupati tersebut, ada ketentuan-ketentuan bahwa tempat pariwisata yang boleh buka, adalah pada zona hijau dan kuning.

Jumlah pengunjung tempat0tempat wisata itu pun, dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas, dan diberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

“Petugas memberikan pengertian kepada pengelola tempat pariwisata dan pengunjung, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, tetap memperhatikan kapasitas tempat dan waspada tindak kejahatan,” kata dia.

Ketika mendapati adanya tempat pariwisata dengan jumlah pengunjung melebihi kapasitas atau tidak melaksanakan protokol kesehatan, lanjut Kabagops, petugas berkoordinasi dengan pengelola pariwisata, untuk menutup sementara pintu masuk. Setelah pengunjung dari dalam keluar, pengunjung berikutnya boleh masuk.

“Ketika melihat ada warga yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, misalnya tidak memakai masker, kami melakukan tindakan humanis dengan memberikan masker dan hand sanitizer kepada mereka,” kata dia.

Dia mengungkapkan, petugas di lapangan terus melakukan edukasi kepada masyarakat, agar untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di tempat pariwista.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan pencegahan penyebaran Covid-19,” tandasnya. (HS-08)

Share This

Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Lebaran, Polres Banjarnegara Beri Dispensasi Perpanjangan

Bupati Kendal Perbolehkan Gelar Tradisi Syawalan di Kaliwungu, Dengan Syarat..