in

Cegah Penularan Covid-19, Perlunya Peta Sebaran Sarpras Di Kelurahan

Suasana saat kegiatan KKN ini di RW 2 Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Senin, (2/8/2021).

 

HALO SEMARANG – Pelaksanaan Kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro (Undip) Semarang periode 2021 dilaksanakan pada tanggal 30 Juni-12 Agustus 2021. Salah-satu mahasiswa Undip Semarang, Alfin Satria Nugraha (Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota) melaksanakan kegiatan KKN ini di RW 2 Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Yakni dengan program “Pemetaan Persebaran Sarana dan Prasarana Kelurahan Kramas”.

Dengan ditetapkannya Kelurahan Kramas sebagai salah satu pengembangan pusat lingkungan, sudah sepatutnya memiliki informasi terbaru terkait persebaran sarana dan prasarana (Sarpras).

“Sehingga membuat Kelurahan Kramas harus memiliki atau meng-update informasi-informasi tentang ketersediaan sarana prasarana, sehingga mampu memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat didalamnya,” terang Alfin Satria Nugraha, Kamis (12/8/2021).

Informasi-informasi seperti ini, lanjut dia, akan lebih baik jika dipetakan melalui informasi geografis. Yakni dengan menggunakan peta, informasi-informasi yang tersedia akan lebih berkualitas. Data-data yang tersedia pun akan lebih akurat dan lebih terupdate.

“Pemetaan dilakukan dengan pendekatan SIG (Sistem Informasi Geografis) Keberadaan peta dari waktu ke waktu dirasa semakin diperlukan di berbagai kalangan, baik oleh kalangan perencanaan wilayah, pendidikan, dan ilmuan, serta administrasi,” ucapnya.

Melalui pemetaan sarana dan prasarana kelurahan berbasis Sistem Informasi Geografis, diharapkan dapat menjadi pedoman untuk mengetahui lebih dalam penyebaran serta kondisi sarana dan prasarana Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

“Selain itu juga diharapkan menjadi acuan bagi Kantor Kelurahan untuk melakukan renovasi atau pengembangan sarana dan prasarana kelurahan-nya periode berikutnya,” imbuhnya.

Adapun kegiatan program “Pemetaan Persebaran Sarana dan Prasarana Kelurahan Kramas” yang berlokasi di RW 2 Kelurahan Kramas, pada 2-3 Agustus 2021 lalu, merupakan wujud nyata dari kegiatan KKN Universitas Diponegoro dengan tema “Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kuliah Kerja Nyata”.

“Diharapkan mahasiswa KKN bisa membantu pembangunan desa, dengan memaksimalkan potensi sekaligus menjadi solusi dari permasalahan setempat,” harapnya.

Mengingat data dari Dinas Kesehatan Kota Semarang hingga 2 Juli 2021 telah terjadi peningkatan total kasus Covid-19 mencapai 57.541, dengan kasus positif mencapai 26.079 jiwa dan sebaran tertinggi masih terletak di Kecamatan Tembalang sebanyak 207 kasus positif, peningkatan kasus ini tentunya memberikan dampak pada berbagai sektor terutama pada sektor ekonomi dan pembangunan.

“Maka dari itu, dengan adanya pemetaan sarana prasarana ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui persebaran fasilitas-fasilitas kesehatan dan juga tempat cuci tangan komunal, sehingga mampu mengurangi atau menekan angka kenaikan kasus positif Covid-19,” pungkasnya.(HS)

Share This

DPW PSI Jateng Bantu Makanan Ringan Untuk Tenaga Medis di Puskesmas Kota Semarang

Seorang Pria Dilarikan Ke Rumah Sakit Usai Tersengat Listrik Saat Mengerjakan Pembangunan Rumah