in

Cegah Penularan Covid-19, Operasi Masker dan Bagi-Bagi Masker Digiatkan

Bagi-bagi masker di Pasar Pagi Kaliwungu.

 

HALO KENDAL – Dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat, terhadap protokol kesehatan pencegahan, serta memutus matarantai penyebaran Covid-19, Polsek Patebon kembali membagikan masker gratis untuk pengguna jalan di Jalan Soekarno – Hatta Kendal, tepatnya di depan Balai Desa Jambearum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Rabu (3/2/2021).

Kapolsek Patebon, AKP Nundarto mengatakan, pembagian masker ini untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker sebagai kebutuhan sehari-hari.

“Kami terus berupaya membangun kedisiplinan masyarakat dengan menggencarkan sosialisasi. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan setiap harinya 100 masker dibagikan secara gratis kepada masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, di Pasar Pagi Kaliwungu dilaksanakan bagi-bagi masker. Sedangkan di Pasar Gladak Kaliwungu, digelar operasi yustisi penggunaan masker dengan pemberlakuan sanksi bagi pelanggar. Operasi dipimpin oleh Kapolsek Kaliwungu, AKP Arya Nindita Bagas Satwika.

“Operasi yustisi penggunaan masker ini merupakan salah satu usaha dari pemerintah daerah bersama instansi untuk memberikan peringatan dan efek jera bagi masyarakat, sehingga mau menggunakan masker demi memutus penyebaran Covid-19,” terangnya.

Dikatakan, sasaran dari operasi yustisi ini adalah masyarakat umum dan pedagang di Pasar Gladak yang tidak mematuhi protokol kesehatan atau tidak memakai masker.

“Bagi yang melanggar langsung diberhentikan oleh petugas yang terdiri dari TNI, Polri, dan Satpol PP Kecamatan Kaliwungu,” tandas Kapolsek Kaliwungu.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pelanggaran yang dilakukan bervariasi. Mulai dari memang tidak memakai masker sama sekali, membawa masker tetapi tidak dipakai dengan berbagai macam alasan, serta memakai masker namun penggunaannya tidak benar.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, butuh peran serta dan kesadaran langsung dari semua elemen masyarakat. Salah satunya dengan tertib menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah,” pungkas AKP Bagas.(HS)

Share This

Kapolda Dukung Gerakan Jateng di Rumah Saja, Gencarkan Yustisi

PSIS Development akan Segera Diluncurkan, Ini Tujuannya