Cegah Kriminalitas, Warga Kadilangu Swadaya Perbaiki Poskamling

Warga Desa Kadilangu, Kecamatan Kangkung bergotong royong perbaiki poskamling, Minggu (24/1/2021).

 

HALO KENDAL – Dimotori oleh para Ketua Rukun Tetangga (RT), warga Desa Kadilangu, Kecamatan Kangkung melaksanakan gotong royong memperbaiki poskamling di lingkungannya, Minggu (24/1/2021).

Warga di 18 RT ini, sudah sepekan memperbaiki poskamling secara swadaya.

Ketua RT 06 RW 01, Musyafak menjelaskan, gagasan perbaikan gardu atau poskamling dilatarbelakangi untuk mengantisipasi kejadian kriminalitas, terutama pencurian agar tidak semakin merajalela.

Selain itu, dengan adanya gardu poskamling memudahkan warga yang melaksanakan piket ronda, untuk titik berkumpul dan berkoordinasi dalam memantau dan menjaga situasi wilayah agar selalu aman.

“Perbaikan poskamling bersumber dari kas RT dan swadaya warga. Selain dana, warga juga menyumbang tenaga, juga konsumsi seadanya,” ungkap Musyafak.

Sementara itu, Kepala Desa Kadilangu, Ida Fitriyana mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang secara gotong royong turut serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Sebagai kepala desa, saya sangat mendukung dan mengapreasi semangat warga untuk bergotong royong memperbaiki gardu poskamling. Sebenarnya ronda siskamling sudah berjalan sejak dulu, meski belum seluruh RT memiliki gardu. Harapan kami, tentunya dengan diperbaikinya poskamling, dapat memotivasi warga untuk lebih menggiatkan siskamling. Karena menjaga keamanan lingkungan merupakan tugas bersama,” tutur Ida.

Di tempat yang sama, Kasi Trantib, Agus Priyono, juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada Pemerintah Desa Kadilangu, dalam kegiatan gotong royong memperbaiki poskamling dan mengaktifkan kembali kegiatan ronda.

“Saya juga sampaikan pesan dari Camat Kangkung, agar warga terus semangat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungannya. Sehingga tetap terjaga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif,” kata Agus.

Dikatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19, apalagi sekarang diberlakukan PPKM, maka masyarakat perlu bergerak bersama melalui siskamling untuk memantau pemberlakuan jam malam serta penerapan prokes di lingkungannya.

“Selain itu, dengan didorong kewaspadaan masyarakat untuk melaksanakan siskamling dapat mengantisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kriminalitas. Jadi tidak cuma siskamling yang digerakkan, namun setiap warga juga selalu meningkatkan kewaspadaan untuk pengamanan rumahnya masing-masing,” pungkas Agus.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.