in

Cegah Klaster Meluas, Pegawai Lapas Terbuka Kendal Divaksin

Pelaksanaan vaksinasi bagi Pegawai Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal di Lapangan Tenis Setda Kendal, Kamis (3/6/2021).

 

HALO KENDAL – Sebagai tindak lanjut adanya klaster penyebaran Covid-19 di dalam Lapas pasca Lebaran kemarin, 52 pegawai Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal menjalani vaksinasi dosis pertama di Lapangan Tenis Setda Kendal, Kamis (3/6/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, dibarengkan dengan 64 pegawai Dinas Perhubungan yang bertugas di terminal-terminal dan 34 ASN penyintas Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, pasca Lebaran kemarin, di Lapas Kelas IIA Kendal terdapat 222 warga binaan dan pegawai yang positif Covid-19.

Sedangkan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal terdapat 13 warga binaan dan pegawai yang positif virus Corona.

“Lapas Terbuka menjadi klaster penyebaran Covid-19, maka seluruh pegawai yang negatif dilakukan vaksinasi untuk mencegah supaya tidak tertular,” terangnya.

Ferinando mengatakan, rencananya setelah terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di Lapas, akan dilakukan kembali tes swab.

“Bahkan sampai saat ini pun kami masih terus memantau kondisi para napi. Namun evaluasi belum dilakukan, karena menunggu sampai sepuluh hari, rencananya tanggal 6 Juni akan dilakukan tes swab lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan, pemberian vaksin terhadap pegawai Lapas ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Kendal terhadap Lembaga Pemasyarakatan.

“Ini juga dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona lebih banyak lagi di Kabupaten Kendal,” tandas Pakde Bas, sapaan akrabnya.

Menurutnya, saat ini petugas kesehatan akan terus memantau kondisi para napi, karena peningkatan Covid-19, khususnya di Lapas. Sehingga antisipasi dilakukan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Vaksinasi kepada pelayan publik merupakan prioritas. Apalagi sampai saat, jumlah pelayan publik Pemkab Kendal yang sudah menjalani vaksinasi baru 20 persen dari total 55 ribu orang,” pungkas Pakde Bas.

Sementara itu Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Pemkab Kendal dan tenaga kesehatan puskesmas, yang telah melakukan penanganan yang sangat baik.

“Terima kasih kepada Pemkab, Polres, Kodim, Dinkes dan nakesnya, sehingga penyebaran virus Covid-19 di Lapas dapat dikendalikan dengan baik,” ungkap Rusdedy.

Ia pun menambahkan, sampai Jumat (4/6/2021) ini di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal hanya tersisa empat petugas yang masih menjalani isolasi mandiri.

“Alhamdulillah, tinggal empat petugas yang menjalani isolasi mandiri. Saat ini pun telah dinyatakan dalam keadaan sehat dan dapat kembali melaksanakan tugas dan aktivitas sebagaimana biasanya,” pungkas Rusdedy.(HS)

Share This

Patung dan Taman Estetik Hiasi Sudut Boyolali Kota

Masuk Lingkungan Polres Kendal, Siap-Siap Diswab Antigen