in

Cegah Covid-19 di PON XX, Kapolri : Pastikan Masyarakat yang Datang ke Venue Sudah Divaksinasi

Kapolri, Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Parbowo MSi ketika meninjau vaksinasi Covid-19 di Papua. (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Polri melakukan berbagai upaya agar PON XX di Papua tidak memunculkan klaster baru Covid-19. Salah satunya adalah dengan meningkatkan capaian vaksinasi.

Kapolri, Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Parbowo MSi, menegaskan kepada jajaranya, khususnya Polda Papua, untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19, hingga 70 persen. Dalam kesempatan itu, Sigit juga meminta agar TNI dan dinas kesehatan setempat untuk membantu.

“Saat ini wilayah Papua sedang dilaksanakan PON XX, di mana ketentuan dari pemerintah terkait masyarakat yang akan menonton atau menjadi suporter, wajib vaksinasi dua kali. Ini harus dilakukan, untuk mencegah penularan yang akan memunculkan kluster kerumunan,” kata Kapolri, seperti dirilis Tribratanews.polri.go.id.

Kapolri mengakui untuk mengejar target capaian vaksinasi dan mencegah munculnya klaster baru Covid-19 di PON XX Papua membutuhkan kerja keras berbagai pihak.

” Ini jadi kerja keras kita semua dan rekan-rekan sudah mampu menghadapi kendala yang ada. Saya hargai kerja keras rekan-rekan semua yang saya yakin tidak mudah melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing,” ungkap Kapolri.

Kapolri juga meminta agar pihak terkait memberikan sosialisasi serta pemahaman kepada masyarakat Papua, tentang pentingnya vaksinasi dan protokol kesehatan.

“Pemahaman ini mohon diinfokan ke masyarakat sehingga masyarakat yang menonton, dipastikan sudah vaksin 2 kali. Ini semua dilakukan untuk mencegah agar transmisi penularan Covid-19. Karena terjadi kerumunan, mau tidak mau itu berpotensi menimbulkan terjadinya transmisi Covid-19,” lanjut Kapolri.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Drs Istiono MH, juga memastikan kesiapan pengamanan lalu lintas selama pelaksanaan PON XX Papua sudah optimal.

Polri juga mengerahkan 319 personel dan 216 kendaraan, untuk mengamankan pelaksanakan PON.

“Kita melihat bagaimana kesiapan Polda Papua untuk kesiapan PON 2021, saya melihat yang telah dipresentasikan Dirlantas itu tentang kesiapan pengamanan yang berkaitan dengan lalu lintas sudah optimal,” terang Kakorlantas Polri.

Kakorlantas Polri juga menerangkan, pengamanan terkait jalur dan rute telah ditata sebaik mungkin, termasuk persiapan penerapan protokol Covid-19 terhadap semua pihak yang hadir.

Untuk protokol kesehatan Covid-19, juga sejak awal kedatangannya telah tertata dengan baik.

“Waktu datang nanti akan diperiksa dengan lengkap baru setelahnya diperbolehkan memasuki titik parkir. Semuanya akan ditata dengan bagus,” kata Kakorlantas Polri. (HS-08)

Share This

Kunjungi Papua, Presiden Minta Venue Dirawat hingga Beli Noken di Pinggir Jalan

Turunkan Level PPKM, Polres Banjarnegara Gelar Vaksinasi Massal hingga Edukasi Prokes