in

Cegah Balap Liar, Personel Polsek Jiken Polres Blora Lakukan Patroli Jelang Buka Puasa

Personel Polsek Jiken, dalam patroli menjelang berbuka, menegur sejumlah pemuda yang tidak mengenakan masker. (Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO BLORA – Ulah sejumlah pemuda yang sering menggelar balap liar di Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, mendapat respons petugas Polsek Jiken. Menjelang buka puasa, para anggota Korps Bhayangkara itu pun menggelar patroli dan razia untuk mencegah aksi para pembalap jalanan tersebut.

Dengan dipimpin Kapolsek Jiken, Iptu Nur Dwi Edi SH MH, petugas berkeliling di ruas-ruas jalan yang dianggap rawan terjadi balap liar.

Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi, mengatakan patroli diintensifkan di jam-jam rawan terjadi balapan liar, antara lain menjelang berbuka.

“Maka dari itu, kami dari Polsek Jiken, melakukan pencegahan dengan melakukan patroli menjelang buka puasa, agar tidak ada balap liar,” kata Kapolsek Jiken, seperti dirilis Tribratanews.jateng.polri.go.id.

Dia mengatakan aksi balap liar tersebut sangat membahayakan, bukan hanya pada pelakunya, juga warga pengguna jalan lainnya. Aksi semacam itu dapat menimbulkan kecelakaan, bahkan hingga korbannya luka berat atau meninggal.

Aksi balap liar juga sangat meresahkan pengguna jalan lainnya, karena dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

“Kegiatan seperti ini juga tidak pernah dibenarkan oleh pihak manapun, karena sangat bertentangan dengan hukum. Juga dapat menimbulkan korban luka-luka atau meninggal dunia,” ujarnya.

Lanjut Kapolsek Jiken, Indonesia saat ini sedang berupaya keras untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karena itu alangkah disayangkan jika sebagian warganya justru menggelar balap liar.

Kerumunan penonton yang mungkin terjadi, justru dapat menjadi media penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, menurut dia masyarakat lebih baik menunggu waktu berbuka dengan tinggal di rumah dan melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Dalam patroli, petugas juga selalu menyampaikan imbauan mengenai protokol kesehatan kepada masyarakat, terutama para remaja dan pemuda yang tidak memakai masker.

“Daripada keluyuran di luar yang dapat menimbulkan klaster-klaster baru Covid-19 di Kabupaten Blora. Sehingga langkah pencegahan harus dilakukan demi keamanan dan kenyamanan seluruh masyarakat. Jadi kami imbau masyarakat juga agar tetap mematuhi prokes di mana pun berada,” kata dia. (HS-08)

Polres Batang dan Kodim 0736 Bagikan Masker Gratis ke Warga

Seluruh Wisata Ditutup Saat Lebaran, Ganjar: Magelang Bisa Jadi Contoh