in

Cegah Aksi Premanisme, Polda Jateng Bakal Gencar Lakukan Patroli Selama Lebaran

Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Johanson Ronald Simamora di Polda Jateng, Rabu (27/3/2024).

HALO SEMARANG – Ditreskrimum Polda Jateng bakal gencar melakukan patroli selama lebaran 2024. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya aksi premanisme.

Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Johanson Ronald Simamora mengatakan, pihaknya bakal menargetkan kegiatan pengamanan ini di seperti terminal dan pangkalan lainnya. Pihaknya juga sudah membentuk Kring Serse baik yang dari Polda termasuk polres-polres.

Selain itu untuk menjaga keamanan di lapangan, Johanson akan menempatkan personel yang tidak berseragam.

“Antisipasi adanya premanisme pada saat masyarakat pulang kampung ke Jawa Tengah. Jadi mereka pulang ke kampung atau rumah dengan aman tidak ada pemalakan, gedam dan lain sebagainya. Kami akan tempatkan personel kita di lapangan,” ujarnya saat ditemui di Polda Jateng, Rabu (27/3/2024).

Kemudian selain itu parkir liar juga akan disorot oleh kepolisian. Johanson juga mengimbau masyarakat saat bepergian baik saat mudik maupun saat bepergian ke tempat wisata untuk waspada dan segera melapor manakala menjadi korban kejahatan.

“Kami imbau pada masyarakat saat bepergian. Baik mudik atau bepergian ke tempat wisata. Sebaiknya tidak pakai perhiasan yang mencolok. Sehingga tidak memancing pelaku kejahatan untuk melakukan tindak kejahatan,” paparnya.

“Lalu rumah-rumah pada saat meninggalkan rumah kosong agar melaporkan pada RT maupun babinkantibmas dan babinsa,” tambahnya.

Sementata itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan jik selama Operasi Pekat Candi (Pekat) 2024 jajarannya mengamankan 90 preman. Premanisme ini tidak hanya di terminal saja tapi di beberapa tempat.

“Premanisme tidak hanya di terminal. Tapi juga pelabuhan, pasar, termasuk debt collector,” imbuhnya. (HS-06)

Pemprov Jateng Gandeng KPK Untuk Mencegah Korupsi pada PPDB

Cilacap Kembali Jadi Tuan Rumah Hiu Selatan Hard Enduro 2024